Indoguna Dapat Jatah Impor 3.447 Ton Daging Sapi

Pembeli Daging Sapi di Pasar BSD
Sumber :
  • REUTERS/Beawiharta

VIVAnews - Kementerian Pertanian menyatakan PT Indoguna Utama hanya mendapatkan jatah impor sekitar 3.447 ton dari total kuota impor daging sapi industri 2013 sebesar 80 ribu ton.

Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian, Syukur Iwantoro, menjelaskan bahwa pada tahun ini total impor daging adalah sebesar 80 ribu ton.

Yandri Klaim Seluruh DPW dan DPD PAN Ingin Zulhas Kembali Ketua Umum

"Itu terdiri dari 48 ribu ton sapi Bakalan dan 32 ribu ton daging sapi beku untuk keperluan industri dan hotel restoran dan katering (horeka)," kata dia, di Jakarta, Jumat 1 Februari 2013.

Syukur menjelaskan, alokasi untuk impor daging sapi kebutuhan industri sebesar 19.400 ton dalam bentuk jenis daging CL65 (kandungan daging 65 persen) dan CL85 (kandungan daging 85 persen). Sedangkan kuota daging untuk horeka, tercatat sebanyak 12.600 ton.

"Untuk industri pengolahan, mereka (Indoguna) mendapatkan kuota sebanyak 15 persen atau 2.995 ton dan kuota tiga persen atau 452 ton untuk hotel, restoran, dan katering. Jadi, total semua mencapai 3.447 ton," ujarnya.

Bagi Mardani Ali Sera, PKS Harus Oposisi: Kita Beda dengan 02, Landasan Berpikir dan Asumsinya

Ia menambahkan, selain Indoguna Utama, ada 67 perusahaan lainnya yang mendapatkan jatah kuota daging sapi impor untuk memenuhi kekurangan pasokan daging sapi lokal yang ada di dalam negeri.

Seluruh perusahaan importir daging sapi telah terdaftar sebagai importir terdaftar (IT) di Kementerian Perdagangan. Mekanisme pemberian kuota pun ditentukan dengan beberapa kriteria yang ditetapkan pemerintah dan diketahui semua importir.

"Penilaian berapa mereka mendapatkan kuota ditentukan kriteria, seperti kapasitas gudang, kinerja impor tahun lalu, pengalaman melakukan importasi daging, penyerapan sapi lokal, ketersediaan alat angkut khusus sapi, dan apakah mereka memiliki kontrak dengan horeka dan industri," tutur Syukur. (asp)

Baca lengkapnya, dua direktur Indoguna ditahan KPK karena suap Rp1 miliar di sini: 

Syifa Hadju

Hubungannya Diduga Retak karena Orang Ketiga, Begini Kata Syifa Hadju Soal Perselingkuhan

Menurut Syifa Hadju, setiap orang dalam sebuah hubungan pasti akan belajar menerima kekurangan pasangan masing-masing.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024