Informasi Transparansi Anggaran RI Naik

ilustrasi grafik
Sumber :
  • Adri Prastowo
VIVAnews - Open Budget Index (OBI) 2012 yang diluncurkan Internasional Budget Partnership, menunjukkan adanya peningkatan indeks transparansi anggaran Indonesia.
Prediksi Liga Europa: AS Roma vs AC Milan

Pada 2010, skor transparansi anggaran Indonesia dalam hal menyediakan informasi anggaran secara substansial mencapai angka 51. Namun, pada 2012, skornya meningkat menjadi 62.
Serahkan Kesimpulan Sidang Sengketa Pilpres, Anies: Semoga MK Beri Keputusan yang Baik

Saat ini, Indonesia berada di atas skor rata-rata 43 dari 100 negara yang disurvei.
Pelari Indonesia, Malaysia Hingga Amerika Siap Bertarung di Trail of The Kings Danau Toba 2024

Sekretaris Jenderal Forum Indonesia untuk Transparansi Anggaran (FITRA) 
Yuna Farhan, mengatakan bahwa menurut data, peningkatan skor OBI 2012 Indonesia karena ketersediaan delapan dokumen kunci anggaran yang diteliti OBI.

"Pada APBN 2012, pemerintah membuat dan mempublikasikan informasi anggaran di beberapa media dan laman Kementerian Keuangan. Sedangkan LKPP (Laporan Keuangan Pemerintah Pusat) tahun 2010, yang sebelumnya dibuat tidak bisa diakses tapi pada 2012 sudah dipublikasikan," kata dia, saat berbicara di acara launching OBI 2012 Indonesia, di Jakarta, Minggu, 3 Februari 2013.

Peningkatan skor ini, menurut Yuna, juga dipengaruhi kecukupan informasi dalam dokumen, seperti nota keuangan yang mulai bertambah dan informasi target kinerja pemerintah.

Namun, dia mengaku bahwa dalam peningkatan skor OBI Indonesia pada 2012 itu masih memiliki kekurangan dan perlu dilakukan peningkatan transparansi anggaran di Indonesia.

"Saat ini, pemerintah belum mempublikasikan in year report atau realisasi anggaran pada tahun berjalan untuk tiga bulanan. Misalnya pada 2012, Kementerian Keuangan membuat laporan realisasi tapi terhenti pada bulan Agustus," tambah Yuna.

Selain itu, menurut Yuna, prestasi peningkatan indeks keterbukaan anggaran Indonesia ini bukanlah sebuah keberhasilan pemerintah semata. Peningkatan ini bisa dicapai karena faktor lahirnya UU Keterbukaan Informasi Publik, partisipasi masyarakat sipil, dan inisiatif global seperti open government.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya