Hindari Makanan Ini Jika Ingin Tidur Nyenyak

Susu
Sumber :
VIVAlife - Tekanan pekerjaan atau terjadinya ketidakseimbangan psikologi bisa menjadi faktor pemicu gangguan tidur atau insomnia. Namun selain dua hal ini, ada faktor lain penyebab munculnya gejala insomnia ini.
Bawa Kabar dari Tanah Suci, Peran Media Optimalkan Penyelenggaraan Ibadah Haji

Makanan dengan kandungan gula dikatakan sebagai pencetus. Bahkan cokelat dan es krim yang biasa digunakan sebagai senjata mempercepat tidur pun disebut dapat mengganggu keseimbangan tubuh. Berikut beberapa jenis makanan lain yang dapat mengganggu jam tidur, seperti dilansir Boldsky.
Sekjen PKS: Kalau Pak Prabowo Datang Kita Akan Beri Karpet Merah Sebagai Presiden Pemenang

Kafein
Hattrick! Pendeta Gilbert Dilaporkan Lagi soal Penistaan Agama ke Polda Metro
Selain kopi, zat kafein juga terdapat pada teh dan cokelat. Padahal dua minuman ini sering disajikan hangat pada malam hari. Konsumsi kafein dalam jumlah berlebihan dapat meningkatkan sensitifitas tubuh sehingga kita menjadi sulit tidur.

Alkohol
Minuman beralkohol juga memberikan efek yang sama. Ini karena dampak dehidrasi tubuh yang diberikan. Saat cairan tubuh berkurang, hormon serotorin akan meningkat dan hormon tubuh menjadi tidak seimbang. 

Makanan kaya protein
Makanan kaya protein tak selamanya baik. Tubuh yang terlalu banyak mendapatkan asupan protein dari daging merah segar membantu produksi hormon serotorin yang juga menyebabkan kesulitan tidur.

Makanan pedas dan bersantan
Adanya masalah pencernaan juga memunculkan insomnia. Maag misalnya. Biasanya ini karena konsumsi makanan yang banyak mengandung gas seperti kol, atau makanan bersantan. Dalam tubuh, makanan ini akan memproduksi gas berlebihan yang mengarah pada kesulitan tidur. Tak hanya itu, hindari pula makanan dengan rasa pedas yang dapat menganggu pencernaan Anda.

Olahan susu
Produk olahan susu yang mengandung lemak tinggi, seperti susu dan mentega terbilang sulit untuk dicerna. Dalam kondisi tertentu, produk ini justru menjadi penyebab utama munculnya gejala sulit tidur. (eh)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya