Pengusaha Butuh Kebijakan yang Pro Kemudahan Berbisnis

Pelabuhan Peti Kemas Pelindo II Tanjung Priok, Jakarta
Sumber :
  • Antara/ Hermanus Prihatna

VIVAnews - Himpunan Pengusaha Pribumi Indonesia (HIPPI) DKI Jakarta meyakini bahwa target pertumbuhan ekonomi sebesar 6,8 persen untuk tahun ini akan tercapai bila pemerintah membuat kebijakan yang mendukung kemudahan berbisnis.

"Jika didukung kebijakan yang pro dunia bisnis, kami yakin pertumbuhan ekonomi akan makin baik " ujar Ketua HIPPI DKI Jakarta, Sarman Simanjorang saat ditemui di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Rabu 6 Februari 2013.

Heboh Dugaan TPPO, Begini Pengakuan Mahasiswa Unnes saat Ikuti Ferienjob di Jerman

Selama ini, menurut Sarman, kebijakan yang dikeluarkan pemerintah kurang mendukung pelaku usaha. Mulai dari kenaikan tarif dasar listrik sebesar 15 persen, pengenaan pajak kepada UKM yang beromzet miliaran rupiah, dan kenaikan upah minimum provinsi yang sangat tinggi. "Kenaikan UMP 44 persen kan sudah kebablasan," kata dia.

Dia menambahkan, pemerintah diharapkan membangun kerja sama dan komunikasi yang lebih intensif dengan para pengusaha sebelum membuat kebijakan. Menurutnya, hal ini penting demi menghindari kebijakan yang dihasilkan pemerintah malah berujung menyusahkan pengusaha.

Putra Tamara Bleszynski Ditabrak Orang Tak Bertanggung Jawab di Depan Rumah

Meski begitu, Sarman tetap mengapresiasi pemerintah atas capaian pertumbuhan ekonomi yang baik pada 2012. Meski meleset dari target 6,5 persen, namun capaian pertumbuhan ekonomi Indonesia sebesar 6,23 persen itu termasuk prestasi yang dapat dibanggakan. Sebab, Indonesia masuk kategori negara dengan pertumbuhan ekonomi terbaik kedua di dunia.

"Itu prestasi Indonesia. Di tengah kondisi ekonomi dunia, di mana Eropa dan Amerika sedang guncang, Indonesia masih berada pada koridor perekonomian terbaik dunia," kata dia.

Sebelumnya, Kementerian Perencanaan dan Pembangunan Nasional (Bappenas) menargetkan pencapaian perekonomian Indonesia mencapai 6,8 persen. Namun, ada kemungkinan terjadinya downside risk atau risiko yang merugikan. Selengkapnya . (asp)

Jokowi Launches Permanent Housing After Disaster in Central Sulawesi
Pemain Chelsea rayakan gol Raheem Sterling

Chelsea Proteksi Raheem Sterling dari Hinaan Fans

Pelatih Chelsea, Mauricio Pochettino coba memproteksi Raheem Sterling. Pemain asal Inggris itu menjadi sasaran ejekan suporter saat tampil di Piala FA lawan Leicester.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024