Pakai Monorel, Bekasi Timur-Kuningan Cuma 24 Menit

Tiang monorel yang terbengkalai di Jalan Rasuna Said, Jakarta
Sumber :
  • Antara/ Ujang Zaelani
VIVAnews -
Pengakuan Jujur Pelatih Korea Selatan U-23 Jelang Hadapi Timnas Indonesia U-23
Direktur Utama PT Adhi Karya Tbk, Kiswo Darmawan, mengatakan, monorel yang diusung perusahaannya akan memberikan banyak manfaat bagi pemerintah dan masyarakat.

Komposisi Menteri di Kabinet Prabowo-Gibran Tunggu Penetapan Resmi KPU

"Yang paling utama adalah monorel ini akan memperpendek waktu tempuh Bekasi Timur-Kuningan menjadi hanya 24 menit," kata Kiswo dalam konferensi pers di Jakarta, Kamis 7 Februari 2013.
Jeno NCT Ulang Tahun ke-24! Fakta Menarik Sang 'Kapten' NCT yang Jarang Diketahui


Waktu tempuh ini akan lebih efektif dan efisien dibanding menggunakan mobil pribadi yang bisa satu jam lebih. Selain itu, monorel dengan nilai investasi Rp9 triliun ini akan mengurangi penggunaan kendaraan pribadi yang saat ini kebanyakan satu orang satu mobil.


Berkurangnya jumlah pengguna mobil ini, dia melanjutkan, akan bisa mengurangi subsidi BBM yang dikeluarkan pemerintah. Saat ini, rata-rata mobil bergerak 35 kilometer per jam dan mengakibatkan pemborosan subsidi BBM hingga Rp2,5 miliar per hari. "Bayangkan, berapa yang bisa diselamatkan dari pembakaran BBM," katanya.


Monorel sepanjang 52 kilometer ini dapat menampung 94.600 orang per hari untuk ruas Bekasi-Jakarta dan 54.000 orang per hari di ruas Cibubur-Kuningan. Angka ini, menurut Kiswo, dengan durasi pemberangkatan kereta setiap lima menit. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya