Saat Stres Kondisi Jerawat Jadi Lebih Parah

jerawat wajah
Sumber :
  • istockphoto

VIVAlife -
Ternyata Vidi Aldiano Suka Berburu Free Ongkir dan Selalu Menang War Produk
Jerawat tumbuh lebih dari biasanya. Berbagai obat dan perawatan sudah dilakukan tapi jerawat tak kunjung mereda? Bisa jadi masalahnya bukan hanya pada kondisi kulit tapi psikologis. Seseorang yang sedang mengalami stres memang jadi lebih mudah berjerawat atau jadi lebih parah dari biasanya.

Penjelasan BI soal Layanan Alipay Mau Masuk Indonesia

Kelelahan fisik, beban pekerjaan, masalah pribadi faktanya tak hanya membuat Anda stres tapi juga berjerawat. MenurutĀ  Lisa A. Garner, MD, FAAD, profesor dermatologi dari University of Texas Southwestern Medical Center, ketika seseorang berjerawat dan dalam kondisi stres, jerawat cenderung muncul lebih banyak.
Pendaftaran Petugas PPK Dimulai, KPU Depok Akan Rekrut 55 Orang


"Dengan kata lain, kondisi emosi tak memicu jerawat baru tapi memperparah jerawat yang sudah ada," kata Garner, seperti dikutip dari
WebMd.


Sebuah penelitian pada 2003 mengungkap kalau jerawat berkaitan erat dengan tingkat stres yang tinggi. Peneliti dari Stanford University membandingkan kondisi kulit mahasiswa yang sedang dalam masa ujian dan ketika sedang tak masa ujian.


"Pemicu utamanya belum diketahui secara jelas, tapi kami tahu kalau sel yang memproduksi sebum memiliki reseptor untuk hormon stres. Sebum adalah substansi minyak yang bercampur dengan sel kulit mati, bakteri dan menghambat folikel, pemicu utama jerawat," ujar Garner.


Penelitian pada 2007 oleh tim dari Wake Forest University School of Medicine juga mengungkap kalau di masa ujian, jerawat para siswa di Singapura semakin parah. Tapi ketika liburan musim panas, gangguan jerawat mereka mereda.


Garner menganjurkan, selain menjaga kebersihan kulit, melakukan perawatan ada hal lain yang harus dilakukan untuk mengontrol tumbuhnya jerawat. Yaitu, melakukan manajemen stres yang baik, karena hormon memang berpengaruh besar pada kondisi sel kulit.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya