Jakarta Masuk Tiga Besar Pasar Hunian Asia

Pemerintah Targetkan FLPP 127.000 Unit Pada 2013
Sumber :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin

VIVAnews - Perusahaan konsultasi dan riset properti, Colliers International, mencermati bahwa harga perumahan di sebagian besar pasar Asia pada 2012 meningkat. Kenaikannya bahkan ada yang mencapai hingga lebih dari 26 persen.

Tahun ini, Jakarta diperkirakan masuk dalam tiga besar pasar hunian di Asia.

"Harga rata-rata perumahan di Beijing, NCR (Delhi, Noida, dan Gurgaon) di India dan Jakarta diproyeksikan meningkat masing–masing sebesar 17 persen, 12 persen, dan 11 persen," demikian kutipan riset Colliers International yang diterima VIVanews.

Jumlah penduduk lokal yang meningkat karena tingkat kelahiran alami dan migrasi penduduk ke pusat-pusat perkotaan telah menyebabkan permintaan terhadap sektor hunian di kota-kota itu kian bertambah banyak. Ini yang menyebabkan harga perumahan semakin meningkat.

Sementara itu, menurut Colliers International, Hong Kong dan Singapura merupakan pasar hunian yang perlu diantisipasi untuk melihat kecenderungan penurunan harga perumahan mereka tahun ini.

"Sebagai upaya menghindarkan perkembangan sektor hunian mengalami asset bubble, pemerintah Singapura dan Hong Kong telah memperkenalkan pembatasan pembelian serta pinjaman dalam upaya untuk memperlambat laju harga hunian lokal," ujarnya.

Hal yang sama juga terlihat pada sektor perumahan di Hanoi. Harga hunian di Hanoi dalam tren turun. (art)

Fairuz A Rafiq Beberkan Kondisi Terkini Usai Dilarikan ke RS Bersama Buah Hati
Presiden Joko Widodo dan Yanda Zaihifni Ishak jadi saksi pernikahan

Momen Presiden Joko Widodo jadi Saksi Nikah Anak Wamenaker Afriansyah Noor

Presiden Joko Widodo bersama Yanda Zaihifni Ishak menghadiri acara pernikahan putri dari Wakil Menteri Ketenagakerjaan (Wamenaker) Afriansyah Noor.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024