Sensasi Bubur Ayam dengan Taburan Taoge Super

Bubur ayam taoge
Sumber :
  • VIVAlife/Stella Maris

VIVAlife - Bubur ayam biasanya hadir dengan topping ayam, kerupuk, dan emping. Tapi bagaimana rasanya jika ditambahkan taoge? Di Pasar Slipi, hadir bubur ayam taoge khas Bang Kumis.

Dapat dikatakan ini merupakan bubur ayam pertama di Jakarta yang mempelopori hadirnya topping taoge dalam semangkuk bubur. Taoge yang digunakan bukan taoge biasa. Pemiliknya, Dili atau Bang Kumis sengaja menggunakan taoge super--berwarna putih lebih bening dan agak panjang--.

Saat menyantap bubur ini, akan terasa tekstur renyah dari taoge. Bang Kumis pun sedikit membocorkan rahasia krenyes dari taoge. Pertama, taoge dimasukkan dan direndam pada wadah yang berisi air panas yang telah tercampur dengan gula, garam, dan cuka. Jika sudah terlihat layu, taoge lalu ditiriskan.

Tak hanya topping atoge yang menggiurkan. Bubur ayam spesial ini juga menggunakan kualitas beras terbaik: wangi dan pulen. Dalam sehari, Bang Kumis dapat menghabiskan enam sampai delapan kilogram taoge.

Tempat makan ini telah beroperasi sejak tahun 1980-an. Pertama kali, bubur tidak dijual dengan taburan taoge. Melainkan dengan wortel dan timun. Namun, tak banyak pelanggan yang menyukai timun karena lebih berair.

Beberapa kali, sempat juga menggunakan sawi dan kol, namun rasanya dirasa tidak pas. Kemudian, mulailah Bang Kumis mencoba beralih pada taoge. Menurutnya taoge bagus untuk kesehatan dan baik untuk kesuburan.

Musuh Terbesar Negeri Ini: Kemiskinan dan Kebodohan

Bubur Ayam Spesial Sinar Malam
Lokasi  : Pasar Slipi, Jakarta Barat
Harga   : 1 porsi Rp7 ribu.

Jajanan kaki lima Thailand

Lima Jajanan Kaki Lima Terkenal di Thailand

Makanannya terkenal dengan rasa pedas dan kaya bumbu.

img_title
VIVA.co.id
25 Maret 2016