Golkar: Kalau Putaran Dua, Yance Pasti Masuk

yance kampanye di pasar caringin
Sumber :
  • ANTARA/Fahrul Jayadiputra
VIVAnews - Sekretaris Jenderal Partai Golkar, Idrus Marham, berharap pasangan Cagub-Cawagub Jawa Barat yang diusung partainya, Irianto Mahfudz alias Yance dan Tatang Farhanul Hakim, masuk ke putaran kedua.
39 Unit SPKLU PLN di Sepanjang Tol Trans Sumatra Siaga Layani Pemudik, Ini Titik Lokasinya

Idrus mengakui bahwa Yance-Tatang cukup sulit meraih suara terbanyak dalam satu putaran karena menurut sejumlah hasil survei, posisinya berada di bawah pasangan lain. Karenanya, apabila masuk ke putaran kedua, perolehan suara Yance-Tatang bisa berubah dan berpeluang memenangi Pemilukada.
Kolaborasi Prabowo dan Raja Yordania, TNI Berhasil Kirim Bantuan RI ke Gaza via Udara

"Kalau putaran kedua, kita mesti masuk," kata Idrus, kepada wartawan, sebelum menghadiri seminar tentang Undang-Undang Desa di kantor pusat Partai Golkar, Jakarta, Kamis, 21 Februari 2013.
Sering Diabaikan, Ini 5 Manfaat Lakukan Scaling Gigi

Menurut Idrus, masih banyak kemungkinan yang bisa terjadi di Pemilukada Jabar. Tingkat elektabilitas Yance-Tatang memang berada di bawah dua-tiga pasangan lain, misal, Yusuf Macan Effendi alias Dede Yusuf-Lex Laksamana Ahmad Heryawan- Dedy Mizwar, dan Rieke 'Oneng' Diah Pitaloka-Teten Masduki.

Namun, selisih angka tingkat elektabilitas di antara mereka, menurut Idrus, tidak terlampau jauh. "Karena rata-rata masih 10 persen." Golkar maupun Yance-Tatang masih bisa mengatasi ketertinggalan tersebut, apalagi jika sampai masuk ke putaran kedua.

Lagi pula, imbuh Idrus, pasangan cagub-cawagub yang unggul di jajak pendapat, belum menjadi jaminan dapat memenangkan Pemilukada dengan perolehan suara terbanyak. "(Hasil survei) itu masih pada batas-batas yang belum memberikan satu jaminan bahwa yang nomor satu itu terpilih."

Hasil survei lembaga Indonesia Political Marketing Research (IPMR) yang dirilis kemarin, menunjukkan pasangan Dede Yusuf-Lex Laksamana meraih dukungan tertinggi, yakni sebesar 35,1 persen. Sedangkan pasangan Ahmad Heryawan-Dedy Mizwar berada di bawahnya, yakni 29,3. Disusul kemudian pasangan Rieke 'Oneng' Diah Pitaloka-Teten Masduki dengan angka elektabilitas sebesar 15,7 persen.

Yance-Tatang Farhanul Hakim dan Dikdik Mulyana Arief Mansur-Cecep Nana Suryana Toyib masing-masing memiliki tingkat keterpilihan 7,6 persen dan 0,7 persen.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya