VIDEO: Mengenal Lebih Jauh Sosok Didik Nini Thowok

Seniman Didik Nini Thowok menari di Malioboro Yogyakarta
Sumber :
  • Antara/ Regina Safri
VIVAlife-
Mudik Lebaran 2024 Dinilai Beri Dampak Positif untuk Perekonomian Indonesia
Siapa yang tak kenal sosok Didik Nini Thowok? Dikenal karena tubuh lenturnya dan mampu menari dengan dua karakter sekaligus.

Bakal Ada Adegan Ranjang Kim Soo Hyun dan Kim Ji Won di Queen of Tears?

Tak banyak yang tahu bahwa seniman nyentrik ini adalah keturunan Tionghoa. Dibalik namanya, ia, terlahir dengan nama Kwee Tjoen Lian.
Prediksi Pertandingan Liga 1: Persib Bandung vs Persebaya Surabaya

Karena sakit-sakitan orang tuanya juga pernah mengubah namanya menjadi Kwee Tjoen An.


Ayah Didik sendiri, Kwee Yoe Tiang, merupakan seorang peranakan Tionghoa yang "terdampar" di Temanggung sedangkan ibunya, Suminah, adalah wanita Jawa asli, asal Desa Citayem, Cilacap.


Didik merupakan  sulung dari lima bersaudara  dan keempat adiknya perempuan. Karena dulu ada kewajiban mengganti nama Tionghoa menjadi nama pribumi sehingga nama Kwee Tjoen An pun menjadi Didik Hadiprayitno.


Semasa kecilnya, Didik tidak nakal seperti kebanyakan anak laki-laki seumurannya. Ia cenderung seperti anak perempuan dan menyukai permainan mereka, seperti pasar-pasaran (berjualan), masak-masakan, dan ibu-ibuan. Saat kecil pun Didik diajari oleh neneknya ketrampilan perempuan seperti menjahit, menisik, menyulam, merenda, juga menari.


Saat masih sekolah, Didik suka menggambar dan menyanyi (suaranya bagus terutama saat menyanyi tembang Jawa). Namun setelah mengenal dunia tari akibat sering menonton pertunjukan wayang orang berupa sendratari, Didik pun bertekad untuk mempelajari tari. Berbagai tari ia pelajari mulai dari tari Jawa klasik gaya Surakarta hingga tari Bali Klasik yang ia pelajari dari seorang tukang cukur rambut. Ingin mengenal lebih jauh tentang sosok Didik, lihat videonya
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya