Kenali Pewarna Rambut Picu Kanker

Tren Warna Rambut
Sumber :
  • dok. Travel Journal Adventurers
VIVAlife
Cup Bra Terlalu Besar Picu Gangguan Kesehatan
- Mengubah tatanan rambut dengan teknik mewarnai memang menjadi tren di tengah masyarakat urban. Jika Anda salah satu di antaranya, sebaiknya berhati-hati. Sebab, bahan kimia yang terkandung dalam pewarna rambut mengancam kesehatan.

Jurus Turunkan Berat Badan Pakai Protein

Meski dilakukan dengan merek ternama atau salon berkelas, bahaya cat rambut tetap mengintai. Menurut penelitian, tumor payudara, kanker ovarium, masalah kandung kemih, dan leukimia dapat terjadi akibat pewarnaan rambut.
Misteri 'Bak Mandi Tuhan' Berusia 7.000 Tahun


Wanita yang mewarnai rambutnya lebih dari sembilan kali dalam setahun, berisiko 60 persen terkena kanker darah. Apalagi, jika digunakan dalam jangka waktu lama, berisiko pula terkena kanker kandung kemih.


Bahan kimia yang disebut amina sekunder menjadi penyebabnya. Ketika cat rambut telah diaplikasikan pada rambut, hingga menyentuh kulit kepala, artinya senyawa tersebut pun perlahan mulai menembus kulit. Menetap selama berminggu-minggu, berbulan-bulan, bahkan tahunan.


Seiring waktu, senyawa kimia tersebut akan bereaksi bersamaan dengan asap tembakau dan asap kendaraan dari lingkungan yang membentuk bahan kimia beracun:
N-nitrosamin
, yang dapat memicu munculnya sel kanker, seperti yang dilansir
Health.india.com.
(art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya