Merger SCTV-Indosiar Efektif 1 Mei 2013

Nadia Vega di Malam Penghargaan SCTV Awards 2011
Sumber :
  • VIVAnews/ Muhamad Solihin
VIVAnews - PT Surya Citra Media Tbk (SCMA) dan PT Indosiar Karya Media Tbk (IDKM) akan melakukan penggabungan usaha atau merger. Melalui aksi korporasi itu, Indosiar akan melebur ke dalam Surya Citra Media. 
Terpopuler: Beberapa Selebgram Ditangkap Polres Jaksel, hingga Daftar Harga Tiket Konser Sheila On 7

Berdasarkan keterbukaan informasi perseroan yang disampaikan kepada PT Bursa Efek Indonesia, Kamis 21 Februari 2013, saham Indosiar akan dihapuskan pencatatannya (delisting) dari bursa setelah merger terlaksana.
Houthi Tuding Arab Saudi hingga Rusia, China dan Iran Mulai Satukan Kekuatan

Selain itu, setelah Indosiar melebur ke dalam Surya Citra Media, saham Indosiar akan ditukar menjadi 0,481 saham Surya Citra Media. Rasio saham tersebut berdasarkan penilaian pihak independen, di mana nilai saham Surya Citra Media seharga Rp2.171 per unit dan Indosiar Rp1.044 per unit. 
Negara Ini Tuduh Iran sebagai Negara Teroris, Kok Bisa?

Sementara itu, para pemegang saham SCMA dan IDKM masing-masing akan memegang sebanyak-banyaknya 67 persen dan 33 persen saham ditempatkan dan disetor di perusahaan hasil merger. Nilai kapitalisasi pasar Surya Citra Media usai penggabungan nantinya menjadi Rp32,89 triliun.

Berdasarkan prospektus merger yang disampaikan kepada BEI, rencana merger akan efektif pada 1 Mei 2013. Sebelum delisting, saham IDKM akan ditransaksikan terakhir kalinya pada 24 April 2013.

Selanjutnya, perkiraan tanggal perdagangan saham di bursa hasil penggabungan dan tanggal delisting saham IDKM adalah 6 Mei 2013. Sedangkan pelaksanaan rapat umum pemegang saham luar biasa (RUPSLB) Surya Citra Media dan Indosiar Karya Media untuk meminta persetujuan merger itu akan dilaksanakan pada 5 April 2013.

Harga Saham Melonjak
Terkait rencana merger tersebut, harga saham SCMA ditutup melonjak hingga lima persen atau Rp100 ke level Rp2.275 dari sebelumnya Rp2.175. Begitu pula, dengan harga saham Indosiar yang naik satu persen atau Rp10 menjadi Rp1.020 dari sehari sebelumnya di posisi Rp1.010.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya