KPK Gelar Perkara Kasus Hambalang Hari Ini

Proyek Hambalang di Sentul Bogor
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVAnews - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengadakan gelar perkara kasus korupsi megaproyek Pusat Pendidikan Latihan dan Sekolah Olahraga Nasional (P3SON) di Hambalang, Bogor. Kasus ini menyeret sejumlah tersangka, salah satunya mantan Menteri Pemuda dan Olahraga Andi Mallarangeng.

"Gelar perkara ini dihadiri pimpinan dan tim penyidik kasus," kata Johan Budi SP.

PKB dan Nasdem Merapat ke Koalisi Prabowo-Gibran, Kaesang Bilang Begini

Menurutnya, ekspose ini akan dimulai sejak pukul 8 pagi hingga 12 malam. KPK pun berencana membentuk komite etik yang mengusut bocornya kopi dokumen draf pengajuan surat perintah penyidikan (sprindik) atas nama Anas Urbaningrum, Ketua Umum Partai Demokrat.

Johan memastikan, kinerja komite etik yang akan dibentuk itu, tidak akan mengganggu proses penegakan hukum atas kasus Hambalang. "KPK tetap bisa menangani perkara Hambalang. Timnya beda, etik itu pengawas internal," jelas Johan.

Sebelumnya, dalam dokumen yang beredar itu, Anas berstatus tersangka. Apakah gelar perkara besok terkait dengan isi kopi dokumen tersebut, Johan tak mau menjawab. "Tunggu saja, jangan menduga-duga," katanya.

Kasus yang melilit Anas diduga seputar mobil Harrier yang dia miliki. Mantan Bendahara Umum Demokrat Muhammad Nazaruddin menuding, mobil ini terkait dengan Hambalang.

Namun, pengacara Anas, Firman Wijaya, mengklarifikasi bahwa mobil tersebut dibeli kliennya dari Nazaruddin secara mencicil dan melalui transaksi yang sah. Karenanya, mobil seharga Rp675 juta itu bukan gratifikasi atau hadiah dari Nazaruddin saat Anas menjabat Ketua Fraksi Partai Demokrat DPR RI pada tahun 2009.

"Kepemilikan mobil Harrier oleh Anas merupakan transaksi jual-beli biasa. Sebagai pembeli, Anas menunjukkan itikad baik dengan membayar uang muka dan angsuran sesuai kesepakatan," kata Firman di Jakarta, Selasa, 19 Februaro 2013.


Penyebab Juara Bertahan Bandung bjb Tandamata Takluk di Laga Perdana Proliga
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto

Jokowi Tunjuk Menko Airlangga Jadi Ketua Pelaksana Tim Nasional OECD, Intip Tugasnya

Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi menunjuk Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, sebagai Ketua Pelaksana Tim Nasional OECD.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024