Dahlan: KAI Wajib Beli Kereta Baru Buatan INKA

Gerbong Kereta dari Tokyo
Sumber :
  • VIVAnews/Nurcholis Anhari Lubis
VIVAnews -
DPP Berani Ungkap Indonesia sedang Dilanda Krisis Paling Berbahaya
Menteri BUMN, Dahlan Iskan, meminta PT Industri Kereta Api Indonesia (INKA) lebih fokus memproduksi kereta api daripada mobil nasional. Namun, Dahlan mengizinkan perusahaan itu jika ingin memproduksi mobil nasional.

Prediksi Semifinal Piala FA: Coventry City vs Manchester United

"PT Kereta Api Indonesia (KAI) punya pekerjaan yang banyak dan kualitasnya harus diperbaiki. Jadi, saya minta INKA lebih fokus pada kereta," kata Dahlan di Jakarta, Jumat 22 Februari 2013.
Rumah di Bangkalan Hancur Usai Petasan Meledak, 3 Orang Jadi Korban


Dahlan mengakui, selama ini INKA lebih sering merestorasi kereta bekas dari Jepang sebagai bagian dari strategi KAI. Menurutnya, situasi keuangan saat ini memberatkan KAI untuk membeli kereta api baru buatan INKA.


Namun, Dahlan menargetkan KAI dalam tiga tahun ke depan sudah mampu untuk membeli kereta api baru dari INKA. Untuk itu, Ia meminta INKA mempersiapkan diri dalam memproduksi kereta api berkualitas. "Tiga tahun ke depan KAI tidak menggunakan kereta bekas," katanya.


Mengenai niat INKA untuk memproduksi mobil, Dahlan mempersilahkan asal tidak mengganggu produksi pembuatan kereta api. Seperti dikethaui, INKA telah membuat mobil bernama GEA. INKA sendiri juga telah memproduksi bus untuk memasok kebutuhan Trans Jakarta. (eh)


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya