Pasar IT Tumbuh, Pameran Komputer Tahun Ini Marak

Suasana pameran Festival Komputer Indonesia 2011
Sumber :
  • festivalkomputer.com
VIVAnews -
ODGJ Ngamuk di Cengkareng Mau Tikam Kakanya Sendiri, Ternyata Kabur dari Dinsos
Asosiasi Pengusaha Komputer Indonesia (Apkomindo) meramalkan pasar TI Indonesia akan terus tumbuh di tahun 2013, di mana notebook dan komputer tablet akan menjadi dua produk pilar.

PKS Usung Imam Budi Hartono Jadi Bakal Calon Wali Kota Depok, Ahmad Syaikhu: Kinerjanya Bagus

Diperkirakan kesuksesan tablet PC akan terus berlangsung sampai tiga tahun ke depan, meningkat sekitar 91 persen. Sementara penjualan notebook juga diproyeksikan stabil tahun ini, dengan ramalan pertumbuhan berkisar 23-30 persen.
Kondisi Terkini Chandrika Chika di Tahanan, Usai Jadi Tersangka Kasus Narkoba


Melihat angka pertumbuhan yang terus naik, Dyandra Promosindo sebagai salah satu Profesional Exhibition Organizer (PEO) di bidang TI, akan menyokong perkembangan industri TI dengan menyelenggarakan enam pameran berbisnis TI di delapan kota di Indonesia.

Keenam pameran dibagi menjadi tiga bagian waktu, yaitu di awal tahun, tengah tahun, dan akhir tahun.


"Pembagian waktu ini agar selaras dengan rencana para vendor yang ingin mengeluarkan produk terbaru pada awal, tengah, dan akhir tahun," Bambang Setiawan, Chief Operational Officer Dyandra Promosindo, di Jakarta, 21 Februari 2013.


Awal tahun


Pameran pertama TI pertama diawali oleh Mega Bazaar Computer (MBC) 2013 yang berlangsung pada 6-10 Maret 2013. Ajang ini akan diselenggarakan di Jakarta, Bandung, Surabaya, Medan, serta Makassar. Sedangkan, MBC Semarang akan diselenggarakan pada 8-12 Maret 2013, sementara di Yogyakarta pada 9-13 Maret 2013.


Tak hanya sendiri, MBC 2013 akan ditemani oleh Indonesia Games Festival (IGF). Pameran industri game Indonesia akan diselenggarakan dengan menghadirkan ragam permainan baru, yang juga diramaikan pilihan perangkat game digital anyar.


Pada penyelenggaraan tahun lalu, MBC 2012 berhasil menyedot 466.067 pengunjung dari delapan kota penyelenggara, dan berhasil mencatat total transaksi sejumlah Rp650 miliar. Banyak hadirnya teknologi terbaru dari tren
gadget
diharapkan animo pengunjung akan melampaui jumlah tahun lalu.


Pertengahan tahun


Di tengah tahun, hadir pameran TI yang bertajuk Festival Komputer Indonesia (FKI). Pameran TI ini akan diwarnai beragam program informasi dan workshop bertema perkembangan terkini industri TI.


Rencananya, FKI akan diselenggarakan di beberapa kota di Tanah Air, dimulai dari Surabaya pada 29 Mei-2 Juni 2013, Yogyakarta pada 8-12 Juni 2013, di Jakarta, Bandung, dan Makassar pada 12-16 Juni 2013, serta terakhir di Semarang pada 14-18 Juni 2013.


Pameran FKI di Jakarta akan jalan bersama pameran industri seluler, yaitu Indonesia Cellular Show (ICS). Pameran ini bakal didukung oleh berbagai
provider
juga vendor telekomunikasi ternama di Indonesia. Pada tahun 2012, total pengunjung dari enam daerah tercatat 389.622 orang. Total transaksi yang dibukukan mencapai Rp587 miliar.


Penghujung tahun


Di akhir tahun, pameran ICT terbesar di Indonesia, Indocomtech, akan digelar, tepatnya 30 Oktober-3 Nopember 2013. Bekerja sama dengan Yayasan Apkomindo, pameran ini siap mewujudkan target untuk menjadi barometer pameran TI di Asia Pasifik.


"Lewat Indocomtech, Apkomindo dan anggotanya akan membawa proyeksi tren TI di tahun berikutnya dalam atsmosfer pameran yang semarak dan disertai beragam program unggulan," ujar Bambang Setiawan.


Selain pameran teknologi, Indocomtech 2013 juga diramaikan pameran industri game yang bertajuk Jakarta Games Show (JGS). Pada ajang ini, pihak penyelenggara akan menggandeng sejumlah
publisher
game lokal dan internasional.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya