Pertamina Beli Saham Perusahaan Migas di Irak?

Dahlan Iskan, Mantan Menteri Badan Usaha Milik Negara.
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar
VIVAnews - PT Pertamina mulai menanggapi serius tawaran Irak agar perseroan membeli perusahaan migas asing yang beroperasi di sana. Jika sukses membelinya, ada kemungkinan Indonesia bisa mengurangi impor migas.
Airlangga: Kader Golkar Siap Ditempatkan di Legislatif maupun Eksekutif

"Yang realistis itu Irak. Pemerintahnya sudah welcome. Kita membeli saham di sana sekian persen," kata Menteri BUMN, Dahlan Iskan, saat ditemui di Kementerian BUMN, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Jumat 22 Februari 2013.
Sekjen Gerindra Sebut Prabowo "The New Sukarno"

Dahlan mengatakan bahwa dalam waktu dekat, delegasi Indonesia akan ke sana untuk menindaklanjutinya. Jika perusahaan itu berhasil dibeli, Indonesia bisa langsung menikmati hasilnya.
Jangan Asal Obati, Ini Cara Membedakan Antara Jerawat Purging dan Breakout

Sebab, minyak hasil penggalian bisa dikirim ke Indonesia dan ini tentu bisa mengurangi anggaran impor migas Indonesia. Lagipula, sudah ada pihak Indonesia yang mengurusi izin migas yang lama.

"Kalau sudah berjalan, kita bisa dapat penghasilan. Misalnya, kita bisa mengirim ke Indonesia untuk mengurangi impor," kata dia.

Mantan Dirut PLN itu menambahkan, saham yang dilirik Pertamina adalah saham dari perusahaan minoritas. Dahlan enggan menyebutkan nama perusahaan itu dan besarnya saham yang akan dibeli perusahaan minyak negara ini.

Irak, kata dia, adalah negara yang diperkirakan akan menjadi negara terbesar kedua penghasil minyak dunia.

Untuk itu, Dahlan mengimbau Pertamina untuk tidak terlalu khawatir keadaan negara tersebut. "Saya sudah ke sana. Di sana tidak semengerikan yang diberitakan di media," kata dia.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya