FOTO: Tren Gaya Tas Kalimantan yang Memikat Hati

Juara 3 Borneo Chic
Juara 3 Borneo Chic
Sumber :

VIVAlife - Pulau Borneo tak hanya memiliki keindahan alam yang indah, tapi juga menyimpan beragam kerajinan khas yang unik dan menarik. Tengok saja, ragam tas yang terbuat dari rotan, tas dengan motif etnik, mandau atau renun sintang. Selain menjadi kekayaan Kalimantan, kerajinan ini juga menjadi daya tarik bagi para wisatawan.

Namun, ekspansi besar-besaran dari perkebunan skala besar, pertambangan dan pembalakan hutan membuat keberadaan perajin semakin terancam. Sebab, untuk membuat sebuah karya seni, mereka menggantungkan hidup dari hutan sekitar.

Untuk melestarikannya, dibentuklah sebuah wadah yang bernama Borneo Chic. Ini adalah jaringan LSM yang mensponsori para perajin asal Kalimantan untuk memproduksi sebuah mahakarya, yang sarat dengan nilai khas tradisional Kalimantan.

Agar kerajinan tas khas Borneo itu selalu up to date, Borneo Chic mengadakan "Lomba Desain Tas New Borneo 2012/2013". Lomba ini bertujuan untuk memajukan kerajinan Kalimantan sekaligus mencari desainer muda berbakat. Dari 51 hasil desain yang masuk ke panitia dengan penilaian yang super ketat pada Januari lalu, terpilihlah 10 finalis untuk maju ke babak berikutnya.

Dari kesepuluh finalis yang didapat pada penjurian sesi pertama, para juri yang terdiri atas Maria Cristina Guererro (wakil dari Borneo Chic), Tri Renya Altaria (wakil Borneo Chic), Pincki S.R Sudarman (desainer dan pengusaha ritel), Mira Sayogo (desainer, pengajar, dan pengusaha tas), Musa Widiatmojo (desainer), dan Wuri Handayani (redaktur VIVAlife), menetapkan tiga pemenang.

Michelle Martin (Surabaya) juara 1 borneo chic dengan tema Day Bag "New Borneo" dan Document Bag "New Borneo". Michelle Maitlin menjadi juara pertama, karena memenuhi lima kriteria penilaian juri, yaitu original, kreatif, inovatif, daya jual, dan daya pakai.

Juara 1 Borneo Chic



Di posisi kedua Meutia Ahri (Bogor) dengan tema Casy Borneo "Working Bag" dan Tik Tak Borneo "Tas Bebas".

Juara 2 Borneo Chic

Lalu, posisi ketiga Wahyu Sri Hastomo (Solo) dengan tema Rantau "Working/day bag" dan Mara "Clutch". (art)
 

Juara 3 Borneo Chic