KPU Jabar: Pemenang Pilkada Harus Dapat Lebih dari 30% Suara

Pembagian nomor urut peserta Pilkada Jawa Barat
Sumber :
  • Antara/ Agus Bebeng

VIVAnews - Hasil penghitungan cepat (quick count) beberapa lembaga survei, pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan-Deddy Mizwar unggul atas pasangan lain.

Meski begitu, Ketua Komisi Pemilihan Umum Jawa Barat, Yayat Hidayat meminta, seluruh pihak tidak menjadikan hasil quick count sebagai kesimpulan dalam menentukan siapa yang menjadi gubernur dan wakil gubernur Jawa Barat.

"Yang harus diperhatikan masyarakat adalah, nanti perhitungan manual tanggal 3 Maret. Itu baru resmi," kata Yayat kepada VIVAnews, Minggu 24 Februari 2013. Hasil penghitungan manual itu akan menetukan siapa yang mendapat amanat dari rakyat untuk memimpin Jabar.

Menurutnya, quick count sejumlah lembaga survei adalah data pembanding dalam rangka mengawal suara pemilih. "Jadi tidak boleh menyimpulkan calon terpilih berdasarkan data pembanding," katanya.

Yayan juga menegaskan kembali sistem pilkada Jawa Barat, bahwa calon gubernur dan wakil gubernur terpilih harus mendapatkan 30 persen plus satu. Jika salah satu pasang calon sudah mendapatkan 30 persen plus satu, sudah dipastikan memenangkan pemilihan.

"Tapi kalau kurang dari 30 persen plus satu, harus ada putaran kedua. Yang menjadi pesertanya adalah peraih suara terbanyak pertama dan kedua," dia menjelaskan.

"Jadi tunggu saja rekapitulasi akhir tanggal 3 Maret, yang Insya Allah sekaligus penetapan," katanya.

Hasil hitung cepat Lingkaran Survei Indonesia (LSI) setelah 100 persen suara masuk, menempatkan pasangan Ahmad Heryawan-Deddy Mizwar unggul pada Pemilihan Gubernur Jawa Barat dengan suara 33,14 persen.

Peringkat kedua hasil hitung cepat LSI di duduki pasangan Rieke Diah Pitaloka-Teten Masduki, dengan 27,92 persen. Dede Yusuf-Lex Laksamana berada di posisi ketiga dengan peroleh 25,23 persen.

Sementara pasangan Dikdik-Toyib ada di urutan empat, dengan suara yang diperoleh 1,89 persen. Di posisi buncit adalah pasangan Yance-Tatang, yang mendapatkan 11,81 persen. Margin error untuk quick count ini adalah +/- 1 persen, dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

Smartfren Bakal Rights Issue Rp 8,5 Triliun, Ini Jadwalnya
Kejadian Kebakaran cukup besar melanda sebuah toko bingkai Saudara Frame dan Galeri di Jalan Mampang Prapatan Raya, Mampang, Jakarta Selatan pada Kamis 18 April 2024 malam.

Tujuh Korban Tewas Kebakaran Toko Frame Mampang Jaksel Ditemukan Dalam Satu Ruangan

Tujuh orang korban tewas dalam peristiwa kebakaran pada toko frame di Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, pada Kamis 18 April 2024 malam, ditemukan dalam ruangan yang sama

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024