Alasan SBY Tunjuk Agus Marto Calon Tunggal Gubernur BI

Menteri Keuangan, Agus Martowardojo di KPK
Sumber :
  • VIVAnews/Nurcholis Anhari Lubis

VIVAnews - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono secara resmi telah mengajukan nama Menteri Keuangan (Menkeu) Agus Martowardojo sebagai calon tunggal Gubernur Bank Indonesia (BI) periode 2013 – 2018 mendatang. Masa jabatan Gubernur BI yang sekarang, Darmin Nasution, akan berakhir pada 23 Mei 2013 ini.

Staf Khusus Presiden bidang Ekonomi dan Pembangunan, Firmanzah, menjelaskan keputusan Presiden SBY mencalonkan Agus Martowardojo sebagai Gubernur BI berdasarkan masukan dan usulan dari berbagai pihak, termasuk Menko Perekonomian Hatta Rajasa dan Wakil Presiden Boediono.

Firmanzah membeberkan sejumlah alasan terpilihnya nama Agus Martowardojo sebagai calon Gubernur BI yang diajukan Presiden SBY kepada DPR-RI. Pertama, Agus Martowardojo dinilai memiliki pengalaman yang cukup panjang dan kaya terkait industri perbankan dan keuangan di Indonesia.

“Pak Agus paham benar bagaimana industri perbankan dan keuangan itu dijalankan. Beberapa Gubernur Bank Sentral di sejumlah negara juga memiliki background pernah jadi bankir,” ungkap Firmanzah seperti dilansir laman Setkab yang dikutip VIVAnews, Senin 25 Februari 2013.

Agus Marto telah lama berkecimpung di dunia perbankan. Sebelum ditunjuk sebagai Menteri Keuangan mpada 2010, Agus menjadi Direktur Utama Bank Mandiri sejak 2005. Selain itu, Agus juga pernah menjabat sebagai Direktur Utama Bank Permata selama tiga tahun.

Kedua, lanjut Firmanzah, sebagai Menkeu, Agus Martowardojo memahami secara baik tentang bagaimana menjaga fiskal dan sektor riil berjalan di Indonesia. Ke depannya, perekonomian Indonesia membutuhkan lebih baik lagi, lebih intens lagi.

“Sekarang sudah sangat baik, tetapi melihat ekonomi dunia, dan ekonomi kawasan, maka policy response kita sangat diperlukan. Kerjasama sektor moneter dan harmonisasi kebijakan moneter dan fiskal perlu lebih diintensifkan,” jelas Firmanzah.

Ketiga, menurut Staf Khusus Presiden bidang Ekonomi dan Pembangunan itu, Agus Martowardojo juga memiliki hubungan yang baik dengan semua lembaga di luar Menkeu, seperti BI, Lembaga Penjamin Simpanan (LPS), Otoritas Jasa Keuangan (OJK), dan juga lembaga keuangan internasional seperti Bank Dunia, IMF, dan lain-lain.

Firmanzah menegaskan, dengan Bank Dunia dan IMF saat ini tidak ada satu pun negara yang bisa menyelesaikan perekonomian sendiri. “Jadi apa yang disebut policy coordination sangat diperlukan. Hubungan baik dengan Bank Dunia dan IMF sangat diperlukan untuk policy coordination,” sebut guru besar pada Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, Jakarta itu.

Angin Segar untuk Startup Pemula

Terakhir, menurut Firmanzah, profesionalitas, kapabilitas, dan integritas Agus Martowardojo sangat baik,  baik sebagai bankir swasta maupun saat menjadi bankir pemerintah, dan saat ini sebagai Menkeu tidak perlu diragukan lagi. “Hal-hal tersebut yang melatarbelakangi mengapa Pak Agus Marto diusulkan sabagai Gubernur BI,” kata Firmanzah.

Baca profil lengkap Agus Martowardojo

Akting Jadi Mafia yang Misterius, Maxime Bouttier: Aku Aslinya Cerewet

(eh)

Chandrika Chika

Alasan Chandrika Chika dan Teman-teman Pakai Narkoba Cuma Buat Senang-senang

Selebgram Chandrika Chika dan 5 orang temannya ditetapkan sebagai tersangka kasus penyalahgunaan narkoba. Mereka diamankan setelah mengadakan pesta narkoba.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024