Anak Hilmi PKS, Ridwan Hakim Penuhi Panggilan KPK

Sumber :
  • ANTARA/Andika Wahyu

VIVAnews - Ridwan Hakim, anak Ketua Majelis Syuro PKS Hilmi Aminuddin, memenuhi panggilan Komisi Pemberantasan Korupsi, Senin 25 Februari 2013. Dia dimintai keterangan seputar kasus suap kuota impor daging di Kementerian Pertanian untuk empat tersangka.

Google Plans to Charge for AI-powered Search Engine

"Dia sudah ke atas (ruang penyidikan)," kata Kabag Informasi dan Pemberitaan KPK, Priharsa Nugraha kepada VIVAnews.

Menurut Harsa, Ridwan diperiksa untuk empat tersangka dalam kasus ini, yaitu Luthfi Hasan, Ahmad Fathanah, dan dua direktur PT Indoguna Utama, Arya Abdi Effendi serta Juard Effendi.

KPK sudah mencegah Ridwan ke luar negeri. Namun, sehari sebelum surat cegah keluar, Ridwan diketahui ke luar Indonesia pada 7 Februari 2013. "Dengan pesawat Turkish Air TK67 pukul 18.49 WIB melalui bandara internasional Soekarno Hatta," kata Denny Indrayana, Wakil Menteri Hukum dan HAM, Jumat 15 Februari lalu.

Sementara  Imigrasi baru menerima surat cegah dari KPK bernomor KEP 107/01-23/02/2013 tanggal 8 Februari 2013. "Diteken Pimpinan KPK," jelasnya.

Dalam surat KPK itu, ada empat nama yang dicegah, yakni Ahmad Zaki, Rudi Susanto, Ridwan Hakim, dan Jerry Roger.

Ridwan dicegah KPK terkait dugaan suap kuota daging impor di Kementerian Pertanian. Dalam kasus ini, KPK sudah menetapkan mantan Presiden PKS Luthfi Hasan Ishaaq sebagai tersangka.

Kasus ini sendiri bermula dari operasi tangkap tangan atas Ahmad Fathanah, orang dekat Luthfi. Dari tangan Ahmad yang juga berstatus tersangka itu, KPK menyita uang Rp1 miliar. (umi)

THR El Rumi dari Irwan Mussry Bikin Netizen Ngiler
Pelatih PSS Sleman, Risto Vidakovic

PSS Sleman Fokus ke 3 Laga Terakhir demi Hindari Degradasi

PSS Sleman sukses menekuk Arema FC dengan skor 4-1 dalam laga lanjutan Liga 1 musim 2023/2024 yang digelar di Stadion Manahan Solo, Senin 15 April 2024. 

img_title
VIVA.co.id
16 April 2024