BK DPR: Banyak Anggota Dewan Tanda Tangan Lalu Kabur

Anggota DPR menggunakan finger print
Sumber :
  • VIVAnews/Nila Chrisna
VIVAnews - Ketua Badan Kehormatan M. Prakosa mengakui bahwa banyak anggota dewan hanya mengisi absen saat sidang paripurna kemudian kabur tanpa ada alasan yang jelas.
MK Gelar Sidang Sengketa Pileg 2024 Pekan Depan, Total Ada 297 Perkara

Sebab itu, BK DPR mulai hari ini akan melakukan pengawasan kepada anggota DPR terutama pada saan sidang paripurna.
BRI Targetkan Pengguna BRImo Tembus 36 Juta di Akhir 2024

"Banyak anggota DPR yang datang absen dan pergi tanpa alasan yang jelas, kita mulai monitoring, ada sejumlah anggota DPR yang selalu ada tanda tangannya, tapi kita tidak pernah lihat hadir di paripurna, nanti kita akan terapkan monitoring," ujar Prakosa sebelum rapat paripurna di Gedung DPR, Selasa 26 Februari 2013.
Ancaman Mengerikan dari Presiden Iran Jika Israel Lakukan Hal Ini

Pada sidang paripurna saat ini pun, dari total 560 anggota dewan, hanya 293 anggota saja yang tercatat dalam absensi rapat.

Jumlah anggota yang hadir dari Fraksi Demokrat 88 orang dari 148 anggota, Fraksi Golkar hadir 54 orang dari total 106 anggota, dan Fraksi PDI Perjuangan hadir 43 orang dari 94 anggota.

Sementara itu, dari Fraksi PKS hanya 31 anggota yang hadir dari 57 anggota, Fraksi PAN hadir 24 orang dari 46 anggota, Fraksi PPP hadir 22 orang dari 38 anggota, Fraksi PKB hadir 11 orang dari 28 anggota, Fraksi Gerindra hadir 8 orang dari 26 anggota, dan Fraksi Hanura 12 orang dari 17 anggota.

Pantauan VIVAnews, di dalam ruang rapat paripurna memang banyak kursi anggota dewan yang kosong. Rapat kali ini beragendakan Pelantikan Wakil Ketua DPR Sohibul Iman yang menggantikan Anis Matta. Selain itu, agenda rapat ini juga membacakan nama Gunernur Bank Indonesia yang diajukan oleh Presiden.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya