Apindo: Kenaikan Elpiji Bebani Pengusaha Kecil

Elpiji 12 Kg
Sumber :
  • Antara
VIVAnews -
Akan Ada 2 HP Baru yang Meluncur Abis Lebaran
Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo), Sofjan Wanandi, tidak setuju dengan rencana PT Pertamina yang akan menaikkan harga elpiji 12 kilogram. Kenaikan elpiji akan berdampak pada pengusaha kecil.

Abidzar Al Ghifari dan Irish Bella Mendadak Dijodohkan, Ini Respons Umi Pipik

"Jangan semuanya naik! Saya pikir elpiji itu jangan dinaikkan lagi," kata Sofjan Wanandi, di Jakarta, Rabu 27 Februari 2013.
PAN Siapkan Bima Arya dan Desy Ratnasari untuk Pilgub Jabar


Sofjan mencemaskan keadaan perusahaan kecil yang akan terbebani dengan kenaikan harga elpiji. Apalagi, jika kenaikannya lebih dari 30 persen. Jika Pertamina tetap bersikukuh menaikkan harga elpiji akibat menanggung kerugian, ia meminta Pertamina untuk menaikkan harga elpiji dengan wajar.


"Saya kira naiknya yang wajar. Jangan 30 persen. Kasihan perusahaan kecil yang menggunakan elpiji," kata dia.


Sepanjang 2012, Pertamina mengklaim merugi dalam mendistribusikan elpiji 12 kilogram hingga US$470 juta atau sekitar Rp4,46 triliun (kurs Rp9.500). Pertamina berniat untuk menaikkan harga elpiji Rp2.166,67 per kilogram dari Rp70.200 per tabung menjadi Rp95.600 per tabung.


Pertamina berharap usulan kenaikan harga ini sudah dapat diputuskan pemerintah pada Maret 2013 untuk menekan kerugian Pertamina dari Rp5 triliun menjadi Rp1,1 triliun sepanjang 2013.


Kementerian Energi Sumber dan Daya Mineral (ESDM) menyatakan, permintaan kenaikan harga elpiji non subsidi 12 kilogram telah diserahkan kepada Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian untuk diputuskan.


Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Hatta Rajasa, mengakui permintaan Pertamina menaikkan harga elpiji 12 kilogram sudah ada di mejanya. Namun, Hatta tidak mau gegabah menyetujui permintaan tersebut. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya