Pesan Hatta Rajasa untuk Agus Jika Jadi Gubernur BI

Hatta Radjasa di Sukabumi
Sumber :
  • ANTARA/HO/Abe
VIVAnews
Puji MK Persilakan Pemohon Serahkan Kesimpulan Sengketa Pilpres, Refly: Luar Biasa
- Presiden Susilo Bambang Yudhoyono hanya menyerahkan nama Menteri Keuangan, Agus Martowardojo, sebagai calon tunggal Gubernur Bank Indonesia (BI). Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa pun punya pesan khusus untuk Agus jika terpilih nanti.

Pertama Kali, Ukraina Tembak Jatuh Pesawat Pengebom Rusia

"Yang diajukan presiden satu nama. Kita tunggu saja di DPR RI seperti apa. Kita harapkan bisa berjalan dengan mulus. Tidak ada alternatif lain yang disampaikan presiden," kata Hatta Rajasa di Denpasar, Rabu 27 Februari 2013.
Relawan Prabowo Batal Gelar Aksi, Polisi Berlakukan Pengalihan Arus Situasional Depan MK


Ketika Agus ditetapkan DPR RI sebagai Gubernur BI, Hatta menyebut posisi Agus sebagai Menteri Keuangan segera dicarikan penggantinya. "Tidak boleh ada rangkap jabatan. Saat ini Agus Martowardojo adalah Menteri Keuangan RI. Tidak ada transisi dan lainnya. Sebelum ada keputusan dari DPR, penetapan dari DPR, Agus tetap Menkeu," tutur Hatta.


Hatta menolak spekulasi jika dikatakan ia akan merangkap jabatan posisi Agus sebagai Menteri Keuangan. "Wah, Menko (Perekonomian) saja sudah luar biasa kesibukannya," kata dia.


Sementara itu, Hatta menyebut ada beberapa hal penting yang mesti dilakukan oleh Agus jika benar-benar dipilih oleh DPR sebagai Gubernur BI. "Kalau BI itu tantangannya yang berkaitan dengan makro prudential, moneter, stabilitas. Kita juga sedang ada transisi OJK, sehingga penting juga stabilitas keuangan kita. Itu hal-hal yang sangat harus kita jaga," kata Hatta.


Hal lainnya yang harus menjadi prioritas Agus nantinya adalah menjaga inflasi. "Selain itu koordinasi dengan pemerintah juga penting, sehingga sektor riil kita bisa bekerja dengan baik," ujar Ketua Umum Partai Amanat Nasional itu. (sj)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya