Perpanjang Masa Jabatan, Hakim Konstitusi Akil Mochtar Temui DPR

Ketua MK Mahfud MD (kanan)
Sumber :
  • ANTARA/Widodo S. Jusuf

VIVAnews – Hakim Konstitusi Akil Mochtar siang ini akan menemui Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat. Akil yang akan habis masa jabatannya sebagai hakim konstitusi pada Agustus 2013 akan ditanya DPR mengenai kesediaannya untuk memperpanjang masa jabatan.

“Saya dipanggil DPR jam 11.00 WIB di Komisi III untuk ditanya apakah mau lanjut jadi hakim konstitusi atau tidak,” kata Akil, Selasa 5 Maret 2013.

Usai Bunuh Rini dan Gasak Rp43 Juta, Uangnya Dipakai Arif Beli Koper hingga Biaya Resepsi Nikah

Masa jabatan hakim konstitusi adalah lima tahun, dan dapat dipilih kembali untuk satu kali masa jabatan berikutnya. Dengan demikian, hakim konstitusi maksimal dapat menjabat selama dua periode.

Hakim konstitusi yang masa jabatannya juga habis tahun ini adalah Mahfud MD. Masa jabatan Mahfud habis lebih awal dari Akil, yaitu 1 April 2013.

Namun, berbeda dengan Akil yang bersedia memperpanjang masa jabatannya, Mahfud memilih untuk tidak memperpanjangnya. Komisi III DPR pun kemarin telah memilih satu dari tiga calon hakim konstitusi untuk menggantikan Mahfud MD.

Kandidat yang terpilih sebagai hakim konstitusi selanjutnya adalah Arief Hidayat. Arief merupakan Guru Besar dan Ketua Program Magister Ilmu Hukum Universitas Diponegoro. Pria kelahiran 3 Februari 1956 ini menempuh pendidikan S-1 di Fakultas Hukum Universitas Diponegoro, S-2 di Program Pasca Sarjana Ilmu Hukum Universitas Airlangga, dan S-3 di Program Doktor Ilmu Hukum Universitas Diponegoro. (art)

Ini Strategi Unik untuk Belanja yang Lebih Murah
Warga Malaysia menerima suntikan vaksin AstraZeneca di Kuala Lumpur.

Geger Vaksin COVID-19 AstraZeneca Berikan Efek Samping Cedera Serius Hingga Kematian

Para pengacara berpendapat bahwa vaksin AstraZeneca-Oxford cacat dan kemanjurannya sangat dilebih-lebihkan, sebuah klaim yang dibantah keras oleh AstraZeneca.

img_title
VIVA.co.id
3 Mei 2024