Pelupa, Tanda Awal Gejala Stres

stres
Sumber :
  • istockphoto
VIVAlife - Stres merupakan proses normal yang terjadi saat tubuh tidak bisa menerima hal asing, termasuk tekanan. Stres datang dan membuat kekacauan hingga merusak sistem kesehatan. meski demikian banyak dari kita yang menganggap sebagai masalah yang sepele. Padahal stres berkepanjangan akan terakumulasi pada masalah kesehatan serius.
8 Negara dengan Penurunan Tercepat di Asia
 
Stres juga tidak melulu menjangkit para pekerja kantoran. Tak sedikit ibu rumah tangga yang juga mengalaminya. Untuk itu kenali lebih awal tanda-tanda stres sebagai antisipasi kesehatan secara menyeluruh.   
Ungkit Panasnya Debat di Pilpres 2024, Prabowo: Tapi Kita Tetap Satu Keluarga

Sakit kepala
Mengerikan, Ini 9 Bahaya Vape Liquid Ganja yang Perlu Diketahui
Saat stres, pembuluh darah pada bagian kepala akan melebar dan membuat saraf otak berdenyut lebih kencang. Denyut ini yang mengakibatkan rasa sakit pada seluruh kepala. 

Mimisan atau hidung tersumbat
Keluarnya darah dari saluran pernapasan juga merupakan tanda stes parah. Ini karena tekanan darah dalam tubuh yang naik secara tiba-tiba. Tanda stres lain yang juga berkaitan dengan pernapasan adalah hidung tersumbat. Biasanya ini mengikuti gejala flu karena imun tubuh menurun. Untuk mengatasinya, lakukan olahraga yang banyak mengkasilkan keringat agar napas menjadi lebih baik. 

Pelupa
Saat stres secara tidak disadari konsentrasi Anda akan menurun. Demikian juga dengan memori otak. Biasanya ketika membuat keputusan pun Anda menjadi tidak fokus. Jika mengalami hal seperti ini, ada baiknya beristirahat sejenak untuk mengendurkan kerja otak.
 
Berkeringat
Pernah merasa keringat tubuh berlebih padahal Anda tidak sedang melakukan aktivitas berat? Ini juga tanda stres. Hormon kortison atau hormon stres memang memicu produksi cairan tubuh. Termasuk keringat pada telapak tangan dan kaki. 

Lelah
Tanda yang paling jelas terlihat saat stres adalah daya tahan tubuh melemah. Ini karena tubuh melepaskan catecholemines, hormon yang berfungsi mengatur sitem kekebalan tubuh. Cara paling mudah mengembalikan imunitas tubuh adalah berolahraga.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya