DNA Rusak, Sebabkan Keriput dan Umur Pendek

DNA

VIVAlife - Penuaan merupakan proses degenerasi yang pasti terjadi pada manusia. Umumnya ini terjadi ketika tubuh mulai mengalami penurunan fungsi sel dan kadar hormon. Tak hanya itu, satu lagi penyebab penuaan adalah faktor genetik.

Ketika garis halus mulai muncul di wajah, para ilmuwan mengatakan, kondisi tersebut karena DNA yang diwariskan oleh ibu rusak. Bukan hanya kulit keriput, DNA rusak juga membuat usia lebih pendek.

Para peneliti menemukan, umumnya terjadi kerusakan mitokondria, sel yang mengubah makanan menjadi energi, terkait dengan usia. Namun, tim peneliti dari Swedia dan Jerman menemukan bahwa proses penuaan bukan hanya dipengaruhi oleh akumulasi mitokondria DNA atau mDNA saja. Melainkan dipengaruhi pula karena mutasi genetik yang diwariskan sang ibu.

DNA normal atau rusak memang dapat diwariskan dari generasi ke generasi. DNA yang mengalir dalam darah seorang anak, berasal dari kedua orangtua yang berada dalam inti sel. Akan tetapi, gen dalam mitokondria sepenuhnya datang dari gen sang ibu.