Alasan Tol Jakarta-Surabaya Perlu Dibangun di Atas Laut

Pembangunan Jalan Tol di Bali
Pembangunan Jalan Tol di Bali
Sumber :
  • VIVAnews/Bobby Andalan

VIVAnews - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Dahlan Iskan, punya alasan sendiri mengapa mengusulkan pembangunan jalan tol Jakarta-Surabaya melalui jalur pantai utara (pantura).

Alasannya, sudah banyak daerah berkembang di Pulau Jawa, yang membutuhkan fasilitas infrastruktur.

"Fungsi jalan itu dibangun untuk pengembangan wilayah, sehingga nantinya bisa lebih berkembang. Kalau Jawa, daerahnya sudah berkembang. Untuk mendapatkan lahan pun sulit," kata Dahlan di Jakarta.

Namun, Dahlan tidak akan membangun jalan tol di atas laut di luar Pulau Jawa, misalnya Sumatera. Untuk saat ini, memang ada pembangunan ruas tol di Sumatera.

Tapi, dia melanjutkan, pembangunan di kawasan itu terhambat masalah lahan. Sementara itu, pembangunan jalan tol di atas Laut Jawa tidak terkendala persoalan lahan tersebut.

"Untuk Sumatera, sebaiknya jalan tol tidak dibangun di pinggir laut. Fungsi pengembangan wilayahnya harus lebih penting," kata dia.

Pembangunan jalan serupa dengan tol Mandara di Bali ini memang telah terlontar beberapa pekan lalu. Proyek pembangunan ini dikeroyok oleh 19 perusahaan pelat merah.

Dahlan memberikan waktu kepada mereka selama enam bulan untuk melakukan studi kelayakan. Hasil tersebut nantinya akan diserahkan kepada kementerian terkait, seperti Kementerian Pekerjaan Umum, untuk perizinan.

Lalu, bagaimana jika ide tersebut ditolak? Dahlan pun tidak bisa berbuat banyak. "Kalau izinnya ditolak, ya, tidak bisa dijalankan," kata dia.