SBY Ungkap Dampak Penghapusan Subsidi BBM

Presiden SBY pidato di depan para dubes
Presiden SBY pidato di depan para dubes
Sumber :
  • Dok. Kementerian Luar Negeri
VIVAnews - Presiden Susilo Bambang Yudoyono menegaskan bahwa pemerintah memiliki road map pengalokasian subsidi bahan bakar minyak (BBM) yang diberikan kepada masyarakat. Sehingga, dapat dipastikan kebijakan tersebut tidak akan membebani keuangan pemerintah.

Hal tersebut, menjawab rekomendasi dari hasil Rapimnas Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia, terkait pengapusan subsidi BBM karena dinilai tidak tepat sasaran. Rekomendasi tersebut disampaikan di Istana Bogor, Senin 4 November 2013.

Kadin menilai penghematan dari penghapusan subsidi tersebut dapat dialokasikan pada pengembangan infrastruktur di Indonesia. "Pemerintah sudah punya blue print, bagaimana membuat subsidi ini pantas membebankan anggaran. Sehingga, mati kutu tidak bisa bangun yang lain, termasuk infrastruktur," ujarnya.

Presiden menjelaskan bahwa pemerintah telah memilih model yang tepat guna memastikan subsidi yang diberikan tidak membebani keuangan pemerintah. Selain itu, ada faktor-faktor tertentu yang membuat pemerintah tidak bisa secara drastis mengurangi subsidi BBM.