8 Manfaat Lain Bawang Putih

Ilustrasi bawang putih
Ilustrasi bawang putih
Sumber :
  • iStock

VIVAlife – Manfaat bawang putih bagi kesehatan sudah diketahui secara luas. Namun tahukah Anda bahwa bawang putih punya manfaat yang jauh lebih banyak dari sekedar bumbu dapur? Berikut adalah beberapa manfaat lain bawang putih di luar dapur, seperti dikutip dari Fitnea.

Pestisida
Jika Anda mengelola kebun organik, ada baiknya menggunakan bawang putih sebagai pestisida alami. Aroma tajam bawang putih akan dengan cepat mengusir serangga, cacing dan ulat yang kerap menyerang daun serta akar tanaman. Cara menggunakannya pun mudah. Cincang dua siung bawang putih lalu masukkan ke dalam toples berisi air mendidih. Tutup dan biarkan selama 24 jam. Pisahkan bawang putih dari air. Campur air bawang putih dengan sedikit sabun dan masukkan dalam botol semprot, pestisida alami pun siap digunakan. 

Pengusir Nyamuk
Nyamuk ternyata tidak suka pada aroma bawang putih. Karena itu, untuk mengusir nyamuk nakal, cukup letakkan beberapa siung bawang putih yang telah dikupas dimana nyamuk biasa bersarang. Jika belum cukup, Anda juga bisa mengoleskan langsung bawang putih pada kulit agar nyamuk ogah mendekat.