Uruguay Rebut Tiket Terakhir ke Piala Dunia 2014

Uruguay memastikan tiket ke Piala Dunia 2014
Uruguay memastikan tiket ke Piala Dunia 2014
Sumber :
  • REUTERS/Muhammad Hamed

VIVAbola - Uruguay menjadi tim terakhir yang memastikan langkah ke putaran final Piala Dunia 2014 setelah bermain imbang 0-0 saat melawan Yordania pada leg kedua playoff intercontinental di Montevideo, Rabu 20 November 2013 waktu setempat (Kamis pagi WIB).

Uruguay tetap menurunkan kekuatan terbaik pada pertandingan di Estadio Centenario meski sudah unggul 5-0 atas Yordania di leg pertama. Duet Luis Suarez dan Edinson Cavani kembali dipercaya pelatih Oscar Tabarez untuk menggedor pertahanan Yordania.

Dominasi pertandingan menjadi milik Uruguay, baik di babak pertama dan babak kedua. Peluang terbaik La Celeste di babak pertama terjadi pada menit ke-43. Sundulan Cavani masih membentur mistar gawang, bola rebound juga tidak mampu dimanfaatkan Diego Lugano dan Diego Godin.

Di babak kedua, Uruguay berusaha membongkar pertahanan Yordania lewat tendangan dari luar kotak penalti, termasuk tendangan Cavani pada menit ke-80. Namun, akurasi tendangan yang buruk membuat semua peluang yang didapat tuan rumah gagal membuahkan hasil.

Hasil imbang tanpa gol bertahan hingga laga usai. Hasil tersebut membuat Uruguay memastikan tiket terakhir ke putaran final Piala Dunia 2014 dengan agregat keunggulan 5-0.

Juara dunia dua kali (1930 dan 1950) itu terpaksa menjalani laga playoff intercontinental setelah hanya menduduki peringkat lima klasemen akhir zona Conmebol. Ini adalah kali ke-12 Uruguay memastikan lolos ke putaran final Piala Dunia. Di Piala Dunia 2010 lalu, Uruguay berhasil menduduki peringkat keempat.

Susunan Pemain

Uruguay: Martín Silva, Maximiliano Pereira, Diego Lugano, Diego Godín, Martín Cáceres, Egidio Arévalo Ríos, Nicolás Lodeiro (60′ Diego Forlán), Christian Stuani (60′ Gastón Ramírez) , Cristian Rodríguez, Luis Suárez, Edinson Cavani (81′ Abel Hernández).

Yordania: Mohammad Shatnawi, Sharif Nassar, Tareq Khattab, Moh Aljammal (59′ Khalil Bani Ateyah), Adnan Hasan, Ahmad Ibrahim (90′ Thaer Bawab), Oday Zahran, Abdallah Salim (86′ Yousef Rawshdeh), Shadi Abu Hashhash, Hatem Aqel, Mohammad Aldmeri.