Diperiksa 5 Jam, Apa yang Digali KPK dari Bhatoegana

Sutan Bhatoegana di KPK
Sutan Bhatoegana di KPK
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Rosa Panggabean

VIVAnews - Ketua Komisi VII DPR, Sutan Bhatoegana, diperiksa KPK dalam kasus suap di SKK Migas, Rabu 27 November 2013. Bhatoegana dicecar seputar tugas pokok komisi yang dipimpinnya selaku mitra kerja SKK Migas dalam melakukan pengawasan.

"Sekitar itu saja," kata Bhatoegana usai menjalani pemeriksaan selama lima jam di KPK.

Ketua DPP Partai Demokrat itu membantah bahwa dia juga ditanya penyidik seputar adanya permintaan uang tunjangan hari raya (THR) sebesar US$200 ribu kepada SKK Migas. Bhatoegana menegaskan bahwa selaku ketua komisi yang membidangi energi, dia tidak pernah meminta sesuatu kepada Rudi Rubiandini.

"Itu nggak ada. Saya bilang itu tidak ada," ujarnya.

Bhatoegana juga membantah bahwa dalam pemeriksaan itu dia dikonfirmasi penyidik tentang pertemuan dengan Rudi Rubiandini selaku Kepala SKK Migas dengan sejumlah pengusaha yang pernah mengikuti tender di SKK Migas. Menurutnya, pertemuan itu tidak dalam rangka intervensi atau membahas tender dengan SKK Migas.

"Nggak ada. Gini, itu bukan memperkenalkan, tapi kami diundang orang. Beda kan?" ucap Bhatoegana.

Sebelumnya mantan Kepala SKK Migas, Rudi Rubiandini sempat menyinggung nama Sutan Bhatoegana dalam pemeriksaan kasus suap SKK Migas. Rudi menyebut Ketua Komisi VII DPR itu pernah meminta uang tunjangan hari raya (THR) kepada SKK Migas pada bulan puasa 2013. Hal inilah yang dibantah keras Bhatoegana.