Rosa: Kepala Rumah Tangga Cikeas Juga Inginkan Proyek Hambalang

Mindo Rosalina Manulang
Sumber :
  • ANTARA/Puspa Perwitasari

VIVAnews - Mantan Direktur Marketing Permai Group Mindo Rosalina Manulang mengungkapkan, sejumlah kubu memperebutkan proyek Hambalang. Salah satunya adalah Sylvia Solehah alias Bu Pur, Kepala Rumah Tangga Cikeas, kediaman keluarga Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Dalam sidang di Pengadilan Khusus Tindak Pidana Korupsi, Jakarta, Selasa 3 Desember 2013, Rosa mengatakan, informasi itu dia dapat dari mantan bosnya, Muhammad Nazaruddin. Dalam sidang hari ini, Mindo bersaksi untuk terdakwa Deddy Kusdinar.

Rosa awalnya menuturkan, pembicaraan soal proyek Hambalang sudah ada sejak 2009. Anggaran yang direncanakan sebesar Rp1 triliun sampai Rp2 triliun. "Jadi ada beberapa kubu. Nazar ingin, Anas ingin, Andi juga ingin melalui adiknya Choel, dan terus ada Ibu Pur yang ingin juga," kata Rosa di depan majelis hakim Pengadilan Tipikor.

Meski demikian, Rosa mengaku tak tahu Ibu Pur itu mewakili siapa. Yang jelas, kata dia, Ibu Pur di Hambalang itu khusus untuk pengadaannya saja.

Awalnya kata Rosa, Nazaruddin marah-marah karena sudah mengucurkan Rp20 miliar ke Kemepora melalui Sesmenpora saat itu Wafid Muharam, tetapi perusahaannya tidak mendapat pengerjaan fisik Hambalang. Perusahaan Nazaruddin hanya mendapat proyek Wisma Atlet.

Kemudian Nazaruddin memerintahkan Rosa untuk meminta Wafid mengembalikan uang Rp10 miliar."Kata Pak Nazar bilang ke Wafid kita tidak dapat fisik ambil alat. 'Rp10 miliar tidak usah kembali hitung di akhir. Jadi Wafid tidak usah, balikin aja yang Rp10 miliar'. Setelah saya ketemu Pak Wafid, dia bilang 'mohon maaf Ibu Pur sudah ke sini.' Peralatan itu Ibu Pur juga ingin," kata Rosa.

Mendengar kesaksian itu, Penasihat Hukum terdakwa Deddy Kusdinar, Syamsul Huda langsung mencecar Rosa soal sosok Ibu Pur.

Profil Francois Letexier, Wasit Kontroversial di Laga Timnas Indonesia vs Guinea U-23

"Ibu Pur itu siapa?" tanya Samsyul.

"Dia Kepala Rumah Tangga Cikeas. Lalu saya sampaikan ke Pak Nazar, Pak kata dia (Wafid) ada Ibu Pur dari Cikeas pengen peralatan itu. Pak Nazar kemudian bilang, besoknya sudah kau bereskan. Mundur saja," kata Rosa.

Penyidik KPK sudah pernah memeriksa Sylvia Solehah alias Bu Pur terkait proyek Hambalang ini. Sylvia merupakan istri Purnomo, purnawirawan TNI dan masih satu angkatan dengan SBY di Akademi Militer tahun 1973. (eh)

Prabowo Subianto hadiri acara PAN di Hotel JS Luwansa, Jakarta Selatan.

Prabowo: Jika Tidak Mau Kerja Sama, Jangan Ganggu Kami

Prabowo : Jika Tidak Mau Kerja Sama, Jangan Ganggu Kami.

img_title
VIVA.co.id
10 Mei 2024