Ditemukan, 9 Fakta Aneh Jatuh Cinta

Ilustrasi pasangan pantai
Sumber :
VIVAlife -
Program Makan Siang Gratis Prabowo-Gibran Butuh 6,7 Juta Ton Beras per Tahun
Apakah Anda tahu, jatuh cinta selain berjuta rasanya juga punya efek seperti mengonsumsi narkoba? Hal tersebut dikonfirmasi oleh para ilmuwan lewat berbagai riset. Tapi, bukan hanya itu saja hal aneh yang ditimbulkan akibat jaruh cinta. Berikut adalah sembilan fakta aneh dari jatuh cinta yang disarikan dari
Huffington Post:
Drama 4 Gol Lawan Madura United, Dewa United Jaga Asa Tembus Championship Series


Nasib 5 Polisi yang Ditangkap Terkait Narkoba di Depok
Cinta Bikin Bodoh
Pepatah yang menyebutkan cinta membuat Anda bodoh itu ternyata benar, pasalnya studi yang dilakukan Universitas Leiden di Belanda membuktikan sebaliknya. Cinta membuat Anda tidak fokus dalam bekerja karena sibuk memikirkan kekasih. “Hasil penelitian menyebutkan bahwa saat jatuh cinta, kita akan menggunakan sebagian besar kemampuan kognitif untuk memikirkan kekasih,” sebut Dr. Henk van Steenbergen.


Cinta Memabukkan

Hal ini dibuktikan oleh hasil pindai MRI dalam penelitian Albert Einstein College of Medicine di New York. Dari penelitian tersebut ditemukan saat jatuh cinta, saraf-saraf otak seperti terkena pengaruh zat adiktif seperti narkoba. “Anda merasa mabuk dan euphoria ketika jatuh cinta, perasaan yang sama yang dimbulkan zat psikotropika seperti kokain,” papar Dr. Lucy Brown, profesor Neurologi dan Neurosains di Albert Einstein College of Medicine.


Cinta Membuat Anda Kuat

Lupakan obat penghilang rasa sakit. Anda hanya butuh jatuh cinta. “Ketika jatuh cinta, otak akan melepaskan hormon yang bisa mengurangi rasa sakit,” papar Dr. Arthur Aron, profesor psikologi State University of New York. Bahkan, Dr. Arthur menambahkan, hanya berpegangan tangan dengan pasangan bisa mengurangi rasa sakit.


Cinta Membuat Pria Berjalan Lebih Lamban

Aneh tapi nyata. Saat jatuh cinta, pria akan berjalan lebih lambat untuk menyesuaikan dengan pasangan mereka. Berbeda dengan ketika mereka berjalan dengan teman perempuan. “Saat berjalan dengan teman perempuan, mereka tidak menyesuaikan kecepatan. Hal itu hanya berlaku ketika pria punya perasaan romantis pada si wanita,” tulis Seattle Pacific University dalam jurnal PLUS ONE.


Cinta Samakan Detak Jantung

Percayakah Anda, cinta membuat detak jantung anda dan pasangan seimbang. Berdetak sama cepat dan sama kuat dengan pasangan.


Cinta Tinggikan Oktaf Suara

Khusus bagi wanita, cinta membuat suara Anda lebih tinggi satu oktaf. Sementara, pria yang sedang jatuh cinta, tanpa sadar akan berusaha menirukan mimik dan suara pasangan mereka sebagai tanda sayang.


Cinta Bikin Buta

Ya ini benar. Riset menunjukkan bahwa saat Anda jatuh cinta, Anda akan menutup mata terhadap lawan jenis lainnya, tidak peduli jika lawan jenis tersebut jauh lebih menarik. Fenomena itu disebut bias kasih sayang bawah sadar.


Cinta Buat Anda Berani

Layaknya kisah ksatria penumpas naga dan putri, cinta membuat pria lebih berani mengambil resiko untuk pasangan mereka.


Cinta Buat Pupil Mata Lebih Besar

Riset ini membuktikan bahwa mata adalah jendela jiwa. Ketika jatuh cinta, pupil mata otomatis membesar. Fenomena ini berhubungan dengan kondisi emosional yang sangat intens, ya jatuh cinta maksudnya.



Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya