Ini Daerah Peraih Penghargaan Pembangunan Infrastruktur Terbaik

Pembangunan jalan tol Semarang - Solo di Banyumanik, Semarang
Sumber :
  • Antara/ Prasetyo Utomo
VIVAnews
Kalahkan 11 Negara, Siswa Indonesia Sabet Emas Kompetisi Matematika Internasional di Australia
- Kementerian Pekerjaan Umum memberikan penghargaan kepada daerah-daerah yang bisa melaksanakan pembangunan infrastruktur dengan baik. Penghargaan itu diberikan pada Rabu malam 4 Desember 2013.

Cari Titik Lemah Demokrasi RI, Cak Imin Masih Ingin Hak Angket Digulirkan

Seluruh Direktorat Jenderal yang ada di Kementerian PU memberikan penilaian atas kinerja pemerintah daerah meliputi Ditjen Cipta Karya, Bina Marga, Sumber Daya Air, dan Penataan Ruang.
Yakin Sudah Dipikirkan Prabowo, PAN Tak Khawatir jika Ada Partai Lain Gabung Koalisi


Menteri Pekerjaan Umum, Djoko Kirmanto, menyatakan bobot penilaian lebih dititikberatkan pada komitmen daerah dalam kontribusi pembiayaan, pengaturan kelembagaan, kesiapan sumber daya manusia, dan menggerakkan potensi masyarakat.


"Penilaian ini dilakukan oleh tim teknis di masing-masing sektor dengan menilai melalui aspek fisik dan non fisik," ujar Joko dalam sambutannya.


Ketua panitia Penghargaan Penilaian Kinerja Pemerintah Daerah, Waskito Pandu, menambahkan, para pemenang di masing-masing kriteria mendapatkan alat berat seperti eskavator, dump truck, dan lain-lain.


Daerah Istimewa Yogyakarta mendapatkan penghargaan khusus, karena sejak 2010 selalu mendapatkan predikat terbaik di bidang Bina Marga, yakni pembangunan jalan dan jembatan.


Sementara itu, untuk bidang Penataan Ruang, pemenang Kategori Provinsi adalah Jawa Timur, kategori kabupaten dimenangkan oleh Lombok Tengah, dan kategori kota dimenangkan oleh Pekalongan.


Untuk bidang Sumber Daya Air, kategori provinsi dimenangkan oleh Jawa Tengah, kategori Kabupatan dimenangkan oleh Lombok Barat.


Bidang Bina Marga, provinsi yang memenangi kategori itu adalah Jawa Barat, untuk kabupaten, Deli Serdang, dan kategori kota oleh Semarang.


Adapun untuk bidang Cipta Karya, kategori kota besar atau metropolitan pemenangnya adalah Kota Bogor, kategori kota kecil dimenangkan oleh Probolinggo, dan kategori kota dimenangkan Banyumas. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya