Panduan Lengkap Jelang Undian Piala Dunia 2014

Siaran Langsung Undian Grup Piala Dunia 2014
Sumber :

VIVAbola - 32 negara peserta Piala Dunia 2014 akan menentukan nasib pada undian Jumat malam, 6 Desember 2013. Sekarang kami akan coba memberikan panduan lengkap jelang turnamen besar di Brasil tahun depan itu.

Kapankah Undian Grup Piala Dunia?

Eropa Minta Tambah Jatah Tempat di Piala Dunia

Piala Dunia 2014 hanya tinggal 187 hari lagi. Perhatian dunia saat ini tertuju kepada undian jelang turnamen tengah tahun depan itu. Acara penting ini akan digelar di Costa do Sauipe, sebuah kota liburan yang terletak di negara bagian Bahia.

Acara tersebut akan digelar Jumat, 6 Desember 2013, mulai pukul 13.00 waktu setempat atau pukul 23.00 WIB. Acara yang diramaikan oleh para selebriti papan atas Brasil itu akan disiarkan langsung oleh ANTV dan tvOne mulai pukul 21.30 WIB.

Selain selebriti, legenda-legenda Piala Dunia juga akan ikut meramaikan acara tersebut. Seperti Fabio Cannavaro, Mario Kempes, Lothar Matthaeus, Zinedine Zidane, dan Geoff Hurst yang akan ikut menarik undian.

Kapankah Piala Dunia 2014 Digelar?


Turnamen sepakbola terbesar sejagat itu akan kick-off mulai 12 Juni 2013 di Sao Paulo dengan Brasil sebagai salah satu tim yang akan tampil pertama. Fase grup akan ditutup oleh dua partai Grup H yang akan digelar pada 26 Juni.

Laga pertama babak 16 besar akan digelar dua hari kemudian di Belo Horizonte dan Rio de Janeiro. Babak pertama fase knockout ini akan selesai pada 1 Juli. Lalu, babak perempat final akan digelar pada 4 dan 5 Juli.

Setelah jeda selama tiga hari, turnamen akan dilanjutkan dengan menggelar partai semifinal pada 8 dan 9 Juli. Sebelum trofi Piala Dunia akan bertemu dengan pemiliknya pada 13 Juli 2013 di Rio de Janeiro.

Negara Mana Masuk Pot Mana?

Tujuh negara dengan peringkat FIFA tertinggi pada Oktober, plus tuan rumah Brasil, akan masuk ke pot 1. Sedangkan pot 2 akan diisi oleh lima tim Afrika, dan pot 3 diisi oleh empat tim Amerika Utara ditambah empat wakil Asia.

Lalu pot 4 akan diisi oleh sembilan negara Eropa yang tersisa. Mereka yakni Belanda, Italia, Inggris, Prancis, Portugal, Yunani, Bosnia-Herzegovina, Kroasia dan Rusia.

Agar mendapatkan pengundian yang adil saat pot 1 dan 4 habis, FIFA akan mengambil satu bola dari pot 4 dan memasukannya ke pot 2 untuk mendapatkan jumlah yang seimbang delapan negara per pot.

Untuk memastikan agar tidak ada tiga negara Eropa masuk dalam satu grup, mekanisme ini akan dilakukan:

1. Empat negara unggulan dari Amerika Selatan akan ditempatkan di pot khusus, yaitu pot X.
2. Salah satu dari empat tim itu akan diundi.
3. Grup yang akan dihuni oleh wakil Amerika Selatan itu akan menentukan di grup manakah tim Eropa dari pot 2 akan bergabung.

Pembagian Pot di Undian Piala Dunia 2014:
-Pot 1: Brasil, Spanyol, Jerman, Argentina, Kolombia, Belgia, Uruguay, Swiss.
-Pot 2: Cile, Ekuador, Pantai Gading, Ghana, Aljazair, Nigeria, Kamerun.
-Pot 3: Australia, Iran, Jepang, Korea Selatan, Kosta Rika, Meksiko, Honduras, Amerika Serikat.
-Pot 4: Bosnia-Herzegovina, Kroasia, Inggris, Perancis, Yunani, Italia, Belanda, Portugal, Rusia.

"Grup Neraka"

Stadion Megah Eks Piala Dunia 2014 Kini Jadi Parkiran Bus

Menilik isi-isi pot tersebut, beberapa grup neraka bisa saja terjadi. Brasil, Amerika Serikat, Prancis, dan Portugal bisa jadi satu grup. Begitu juga, Jepang, Nigeria, Belanda, dan juara bertahan, Spanyol. Pengundian jadi semakin menarik.

Pengundian ini juga akan melihat empat prinsip pengundian yaitu geografis (tim yang berada dari zona kualifikasi yang sama tidak boleh masuk satu grup kecuali Eropa), urutan undian (pot dikosongkan dan grup diisi secara berurutan), penempatan tim (tim unggulan otomatis tempati tempat pertama grup sedangkan non-unggulan akan diundi secara acak).

8 Insiden Meludah Paling Terkenal dalam Sepakbola (2)

Informasi Tiket Piala Dunia

Sejak periode pemesanan ditutup pada 10 Oktober 2013, sebanyak 6.164.682 tiket sudah dipesan oleh masyarakat dari 203 negara berbeda. Tiket laga pembuka di Sao Paulo (726.067 permintaan) dan final (751.165) di Maracana menjadi yang paling populer.

Total 889.305 tiket sudah dialokasikan ke para pemesan dari 188 negara selama fase pertama penjualan tiket. Sementara itu, 1,1 juta lembar tiket yang disiapkan pada periode First Come First Served ludes terjual hanya dalam 7 jam sejak loket dibuka.

Saksikan secara langsung undian Piala Dunia 2014 yang mendebarkan di ANTV dan tvOne mulai pukul 21.30 WIB. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya