ICW Imbau Masyarakat Tolak Politik Uang Jelang Pemilu

Hadiah Uang Tunai
Hadiah Uang Tunai
Sumber :
  • odhiwan.blogspot.com

VIVAnews - Indonesia Corruption Watch (ICW) menghimbau masyarakat untuk mewaspadai adanya politik uang menjelang pemlihan umum, yang akan digelar pada tahun 2014. Imbauan itu diterapkan lewat suatu kampanye. 

"Secara prinsip ini soal pendidikan politik buat masyarakat sipil, buat voters. Kita adakan kampanye anti politik uang. Kita sudah mulai kampanye," kata aktivis ICW, Tama S. Langkun, Minggu 8 Desember 2013.

Dia menuturkan dalam kampanye anti politik uang itu, ICW menghimbau masyarakat untuk tidak memilih calon-calon pemimpin yang melakukan praktek politik uang. Mengenai adanya informasi bahwa justru kendali politik uang ada ditangan voters, Tama berpendapat bahwa itu hanya segelintir oknum saja.

"Menurut saya problemnya tidak ada pada masyarakat, tapi lebih kepada sistem dan pada norma," ujarnya.

Dia berharap sejumlah lembaga-lembaga terkait seperti KPU dan Bawaslu dapat bekerja dengan baik, sehingg kecurangan-kecurangan di dalam pemilu dapat diminimalisir. Begitu juga dengan aparat penegak hukum seperti kepolisian dan juga kejaksaan.

"Kejaksaan bilang akan mengurangi penanganan perkara sampai pemilu selesai. Justru kebalik, harusnya sekarang waktunya menghabisi orang-orang yang record atau mafia pemilu, jangan sampai yang menang adalah orang yang akan jadi tersangka," tegasnya. (ren)