Deteksi Kesehatan Lewat Warna Urine

Daftar warna urine
Sumber :
  • VIVAnews / Renne Kawilarang

VIVAlife - Melalui sebuah mekanisme tertentu, apapun makanan yang dimakan akan disekresikan oleh tubuh. Keringat, urine, dan feses adalah beberapa cara tubuh mengeluarkan zat-zat yang tak lagi diperlukan.

Dharma Polimetal Tebar Dividen 2023 Rp 171,29 Miliar, 28 Persen dari Laba Bersih

Namun, jangan anggap zat itu tak berarti apa-apa. Ia juga bisa mengindikasikan penyakit tertentu. Tak heran, para dokter telah ratusan tahun menggunakan urine sebagai salah satu detektor kondisi kesehatan.

Bahkan, ahli medis menelurkan daftar spektrum warna urine untuk panduan menentukan penyakit yang diderita tubuh. Mengutip laman Guardian, berikut beberapa warna urine dan penyakit yang diindikasikannya.

Seluruh Personel AD, AL dan AU Dilarang Pakai iPhone, Bolehnya Samsung

Kuning pucat

Warna ini mengindikasikan tubuh Anda dalam kondisi normal, tidak mengandung penyakit apa-apa.

Menhan AS Ucapkan Selamat ke Prabowo Usai Ditetapkan Sebagai Presiden Terpilih

Kecoklatan

Perlu diwaspadai jika urine Anda berwarna kecoklatan. Ini mengindikasikan tubuh yang dehidrasi. Atau yang lebih serius, Anda menderita penyakit liver.

Kemerahan

Urine yang kemerahan bisa terjadi setelah Anda mengonsumsi makanan tertentu, seperti bit, buah beri hitam, atau rhubard yang memiliki batang warna merah.

Namun jika tak ada menu itu dalam riwayat makanan Anda, bisa jadi urine kemerahan disebabkan penyakit kandung kemih, ginjal, kanker prostat, olah raga berat, atau hubungan seksual yang berlebihan.

Biru atau hijau

Bisa jadi urine berwarna biru atau hijau karena pengaruh obat-obatan. Namun, jika Anda tak sedang mengonsumsi obat, bisa jadi itu disebabkan kondisi medis langka seperti porfiria.

Kondisi itu ditunjukkan dengan kelainan produksi enzim, yang mengakibatkan komplikasi neurologis atau masalah kulit.

Oranye

Ini menandakan Anda habis mengonsumsi suplemen atau buah dan sayur yang mengandung vitamin C, seperti wortel.

Warna gelap

Jika warna urine Anda gelap, bisa jadi itu tanda penyakit kuning atau hepatitis yang serius.

Putih

Warna putih seperti awan, mengindikasikan Anda terkena penyakit infeksi urine, kristal fosfat yang berbahaya, atau penyakit menular seksual.

Berbusa

Buang air kecil dan berbusa? Bisa jadi itu tanda terlalu banyak protein dalam urine, yang biasanya disebabkan masalah ginjal. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya