Jepang Tawarkan Kereta Cepat Jakarta-Surabaya

Proyek pembangunan kereta cepat dalam kota di Arab Saudi
Sumber :
  • REUTERS

VIVAnews - Menteri Perhubungan, Everest Ernest Mangindaan, mengungkapkan, Jepang secara resmi telah menawarkan proyek kereta api cepat dari Jakarta menuju Surabaya.

Drama Penalti Diulang Justin Hubner hingga Penalti Gagal Bikin Deg-degan Suporter Timnas

Mangindaan dalam acara jumpa pers kinerja akhir tahun Kementerian Perhubungan di Jakarta, Rabu 11 Desember 2013, mengungkapkan, saat ini pengkajian konsep ini telah berlangsung.

"Saat ini, Jakarta-Surabaya sudah ada double track. Otomatis ini mempermudah pembangunan kereta cepat ini," tuturnya.

Mangindaan mengungkapkan, nantinya jalur kereta cepat ini akan dibangun melayang (elevated) di atas lahan kosong yang telah dibebaskan pemerintah untuk double track.

Kondisi tersebut otomatis menghilangkan kendala lahan yang selama ini menjadi masalah pembangunan di bidang infrastruktur.

Wakil Menteri Perhubungan, Bambang Susantono, menambahkan, secara keseluruhan, proyek ini bernilai Rp60-70 triliun. Pendanaannya nanti dibantu dengan dana hibah dari Jepang.

"Mereka telah setuju untuk membantu dan memberikan dana hibah untuk membiayai proyek ini," jelasnya.

Menurut dia, kini Jepang sedang melakukan prafeasibility study mengenai pembangunan ini. Yang masih diperdebatkan, imbuh Bambang, adalah rute yang akan dilewati kereta ini.

Dia memaparkan, ada pilihan, kereta ini mengambil jalur langsung dari Jakarta, Cirebon, Semarang, hingga Surabaya. Pilihan rute kedua adalah melewati Bandung dari Jakarta sebelum akhirnya ke Cirebon, Semarang, dan Surabaya.

Anggota DPR Salut Kejagung Berani Usut Dugaan Korupsi di Sektor Tambang

Sementara itu, opsi terakhir adalah Jakarta-Cikarang-Bandung-Cirebon-Semarang-Surabaya.

"Opsi-opsi itu yang masih diperdebatkan sampai sekarang. Nantinya kami akan melihat jumlah permintaan penumpang juga," ujarnya. (art)

Anak kucing

5 Tips Merawat Kucing Peliharaan Agar Tetap Sehat dan Terhindar dari Penyakit

Merawat kucing menjadi tanggung jawab yang besar bagi setiap pemiliknya. Kesehatan dan kesejahteraan hewan peliharaan kita menjadi prioritas utama. Berikut ini tipsnya.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024