Survei Indo Barometer: Pemilih Muda Suka PDIP, Golkar, Gerindra

Pemilih muda pada acara KPU Goes to Campus.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Feny Selly

VIVAnews – Lembaga survei Indo Barometer menggelar jajak pendapat nasional tentang kecenderungan sikap pemilih muda menjelang Pemilu 2014. Berdasarkan survei tersebut, tiga partai politik menjadi pilihan responden, yakni PDI Perjuangan, Partai Golkar, dan Partai Gerindra.

“Kalau tidak ada perubahan yang dramatis, PDIP, Golkar, dan Gerindra paling banyak dipilih pemilih muda,” kata Direktur Eksekutif Indo Barometer M. Qodari dalam konferensi pers di Tebet, Jakarta Selatan, Rabu 11 Desember 2013.

PDIP menempati urutan pertama dengan 18,8 persen suara, disusul Golkar 12,9 persen suara dan Gerindra 8,2 persen suara. Dari hasil riset, diketahui para pemilih muda mendasarkan pilihan mereka atas beberapa faktor, antara lain kedekatan dengan rakyat, menyukai tokoh tertentu, seagama, sejak dahulu memilih partai itu, dan tidak korupsi.

“Memilih partai karena dekat dengan rakyat distribusinya ke PDIP dan Gerindra, lumayan juga ke Golkar. Suka dengan tokoh partai distribusinya ke PDIP dan Gerindra. Terkait agama, distribusi suara ke PKB dan PPP. Sejak dahulu memilih partai itu distribusinya ke Golkar dan PDIP. Tidak korupsi distribusi suaranya ke PDIP dan Gerindra. Soal kinerja bagus terdistribusi ke PDIP dan Golkar. Jadi suara berkumpul di 3 partai itu – PDIP, Golkar, Gerindra,” kata Qodari.

Sementara posisi partai penguasa, Demokrat, terus merosot. Dalam survei ini, Demokrat berada pada posisi keenam, di bawah PKB dan Partai Hanura. “Demokrat pada posisi yang riskan. Boro-boro menang pemilu dan masuk tiga besar, Demokrat malah bisa terjungkal kembali ke posisi 2004 – menjadi partai tengah,” ujar Qodari.

Ada yang Aneh dengan Bocah Viral Tabrakkan Chery Omoda E5 di Dalam Mall

Susunan Lengkap

Survei Indo Barometer ini dilaksanakan di 33 provinsi di seluruh Indonesia pada 12-23 November 2013. Jumlah responden 1.200 orang dengan margin of error 3 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen. Responden dipilih dengan metode multistage random sampling untuk menghasilkan responden yang mewakili seluruh populasi publik muda Indonesia yang berusia 17-30 tahun.

Berikut daftar elektabilitas partai politik di mata pemilih muda versi Indo Barometer:

1. PDI Perjuangan 18,8 persen
2. Partai Golkar 12,9 persen
3. Paartai Gerindra 8,2 persen
4. PKB 4,7 persen
5. Hanura 2,8 persen
6. Partai Demokrat 2,7 persen
7. PKS 1,7 persen
8. PPP 1,6 persen
9. PAN 1,4 persen
10. Partai Nasdem 1,3 persen
11. PBB 0,1 persen
12. PKPI 0,0 persen
13. Belum memutuskan 26,3 persen
14. Rahasia 7,6 persen
15. Tidak akan memilih 0,8 persen
16. Tidak tahu/tidak menjawab 9,3 persen

Waketum Nasdem Temui Prabowo Subianto, Sinyal Gabung Koalisi Prabowo-Gibran Menguat?

(ren)

Kartu SIM atau SIM card.

eSIM Bagian dari Mengurangi Jejak Karbon

Telkomsel juga telah meluncurkan Embedded Subscriber Identity Module (eSIM) yang diharapkan dapat mengurangi limbah bekas cangkang kartu SIM.

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024