Malam Ini, Puncak Hujan Meteor di Langit Indonesia

Hujan meteor Lyrid
Sumber :
  • Brian Emfinger

VIVAnews - Langit Indonesia akan dihiasi hujan meteor Geminid malam ini, Jumat 13 Desember 2013. Menurut Profesor Riset Astronomi-Astrofisika Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) Thomas Djamaluddin, fenomena alam ini sebetulnya sudah terjadi sejak 4 Desember lalu.

"Tapi, puncaknya malam ini. Geminid itu hujan meteor yang cukup besar," kata Thomas saat dihubungi VIVAnews. Biasanya, imbuh Thomas, puncak terbanyak hujan meteor itu terjadi selepas tengah malam menjelang subuh. 

Bukan Cuma Biar Adem, Tidur Telanjang Ternyata Bermanfaat untuk Kesehatan

Lebih lanjut dia mengatakan, hujan meteor ini biasanya terjadi setiap bulan Desember. Setiap bulan tersebut, Bumi berpapasan dengan sisa-sisa debu komet.

Debu-debu itu kemudian masuk ke Bumi sebagai meteor. "Penampakannya nanti seperti bintang berpindah titik. Dan jumlahnya banyak," jelas Thomas.

Sinyal Anies Maju Pilkada DKI 2024, PKS: Kalau Memang Cocok, Why Not?

Sayangnya, sebagian besar wilayah Indonesia mendung dan diguyur hujan sehingga fenomena alam nan cantik itu sulit terlihat. "Semoga saja ada wilayah yang langitnya cerah nanti malam sehingga bisa melihat hujan meteor terakhir di tahun ini," kata dia. (umi)

WNA perempuan asal Jerman Laura Weyel - foto: Tangkapan Layar Instagram

Bule Jerman Serang Penjaga Vila di Bali Usai Ditagih Nunggak Sewa 4 Bulan

Video WNA perempuan asal Jerman viral di medsos bernama Laura Weyel merasa diperlakukan tidak adil oleh hukum Indonesia. Padahal nunggak sewa vila

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024