Iran Kirim Lagi Monyet ke Luar Angkasa

Iran berhasil mengirimkan monyet ke luar angkasa
Sumber :
  • REUTERS/Press TV via Reuters TV
VIVAnews -
Stafsus Bantah Erick Thohir Perintahkan BUMN Borong Dolar AS, Ini Penjelasannya
Iran mengklaim sekali lagi telah mengirim monyet ke luar angkasa. Primata kedua yang dikirimkan dianggap langkah maju dalam visi mereka menerbangkan manusia ke luar orbit bumi.

8 Manfaat Susu Kedelai untuk Kesehatan, Bisa Meredakan Gejala Menopause

Diberitakan
Alasan Sakit, Bupati Sidoarjo Gus Muhdlor Mangkir Panggilan KPK
CNN , Sabtu kemarin, hal ini diungkapkan sendiri oleh Presiden Iran Hassan Rouhani dalam akun Twitternya.


"Total, ini adalah monyet kedua yang dikirimkan ke luar angkasa dan kembali dengan sehat walafiat ke Iran. Saya mengucapkan selama pada para pemimpin, ilmuwan dan negara ini," kata Rouhani.


Menurut kantor berita Iran
IRNA
, peluncuran monyet ke angkasa adala bagian dari Pekan Riset Nasional. Monyet percobaan itu bernama Fargam, gabungan dua bahasa parsi yang berarti "keberuntungan."


Fargam diklaim telah dikirim ke 120 kilometer di luar angkasa dan kembali lagi dalam waktu 15 menit. Sebelumnya Januari lalu, Iran juga mengaku mengirim monyet ke angkasa. Namun klaim ini diragukan banyak pihak.


Juru bicara Kementerian Luar Negeri AS, Victoria Nuland, mengatakan bahwa dia telah melihat foto "monyet malang" tersebut. Namun dia mengaku belum mendapatkan konfirmasi apapun soal klaim Iran.


"Tapi keprihatinan kami soal perkembangan teknologi peluncuran ke luar angkasa telah jelas: Teknologi untuk ini bisa juga digunakan oleh rudal balistik jarak-jauh," kata Nuland.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya