Istri Akil Mochtar dan Wali Kota Airin Jenguk Suami ke KPK

Airin Rachmi Diany, Wali Kota Tangerang Selatan.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Wahyu Putro A

VIVAnews – Istri dua tersangka kasus suap penanganan sengketa pilkada di Mahkamah Konstitusi menjenguk suami mereka, Senin 16 Desember 2013. Mereka adalah Ratu Rita, istri Akil Mochtar, dan Airin Rachmi Diany, istri Tubagus Chaeri Wardana alias Wawan.

Masuk Usia Kepala 4, Vicky Prasetyo Sudah Siapkan Kain Kafan?

Ratu Rita tak bersedia bicara apapun ketika tiba di Gedung KPK. Tak lama kemudian, Wali Kota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany juga tiba di kantor KPK untuk menjenguk Wawan yang ditahan di Rumah Tahanan KPK sejak Oktober 2013. Airin yang adik ipar Gubernur Banten Ratu Atut Chosiyah itu pun tak bicara sepatah katapun. Mantan finalis Putri Indonesia itu hanya melemparkan senyum.

Akil Mochtar dan Wawan menjadi tersangka kasus suap pengurusan sengketa Pemilihan Kepala Daerah Lebak, Banten, di MK beberapa waktu lalu. Dalam kasus itu, mereka ditetapkan sebagai tersangka bersama seorang pengacara bernama Susi Tur Andayani.

Wawan disangka menyuap Akil Rp1 miliar untuk. Penangkapan Wawan di dekat kediamannya di Jalan Denpasar, Jakarta Selatan, terjadi beberapa jam setelah Akil ditangkap KPK di rumah dinasnya di Komplek Widyachandra, Jakarta Selatan, terkait kasus berbeda, yakni penanganan sengketa Pilkada Gunung Mas di Kalimantan Tengah.

Untuk ditahui, Pilkada Lebak dimenangkan oleh pasangan Iti Octavia dan Ade Sumardi yang didukung koalisi Partai Demokrat, PDI Perjuangan, Partai Hanura, Partai Gerindra, PPP, PKS, dan PPNU. Mereka menang dengan perolehan suara 407.156 suara (62,37 persen). Posisi kedua ditempati oleh Amir Hamzah-Kasmin yang diusung Partai Golkar dengan 226.440 suara (34,69 persen).

Atas hasil itu, pasangan Amir Hamzah-Kasmin menggugat ke MK atas tuduhan penggelembungan suara. Gugatan ini kemudian dikabulkan MK. Majelis hakim yang saat itu diketuai Akil Mochtar memutuskan Pilkada Lebak perlu diulang. (umi)

Head of Public Relations Ninja Xpress, Ribka Pratiwi saat Media Visit ke kantor VIVA.co.id

Kiprah Ninja Xpress Jadi 'Teman' UMKM Bantu Naik Kelas

Perusahaan logistik, Ninja Xpress ternyata punya strategi besar membantu Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024