Kantor Polisi Inggris Jadi Hotel Bintang Lima

Kantor pertama Scotland Yard
Sumber :
  • SWNS

VIVAlife - Cara melestarikan gedung-gedung tua adalah dengan menjadikannya museum atau merombaknya menjadi hotel mewah. Pemerintah Inggris rupanya memilih yang kedua. Adapun bangunan yang akan dijadikan hotel mewah tersebut adalah markas pusat pertama kepolisian Inggris, atau yang lebih dikenal dengan nama Great Scotland Yard. Gedung itu digunakan pertama kali pada tahun 1829. 

Bertemu Majelis Masyayikh, Menag Bahas Rekognisi Santri dan Ma’had Aly

Menegangkan, Timnas Indonesia U-23 Ditahan 10 Pemain Korea Selatan

Kini, gedung yang tidak lagi terpakai itu akan dijadikan hotel bintang lima yang secara resmi dibuka tahun 2016 mendatang. Dilansir dari Daily Mail, hotel tersebut akan memiliki 235 kamar, di antaranya kamar-kamar eksklusif yang akan dibanderol dengan harga £10,000 atau Rp197 juta per malam. 

Selain kamar-kamar mewah, hotel Great Scotland Yard itu akan dilengkapi dengan lobby luas berinterior klasik, taman bunga, restoran dan bar eksklusif, perpustakaan, juga ruang konferensi yang bisa menampung hingga 120 orang. Tidak ketinggalan ballroom serta ruang makan privat. 

Bawa Kabar dari Tanah Suci, Peran Media Optimalkan Penyelenggaraan Ibadah Haji

Disinyalir, dibutuhkan dana sebesar 100 juta poundsterling untuk membangun hotel tersebut. Untuk membangun hotel ini, pemerintah Inggris tidak bekerja sendiri, melainkan berkolaborasi dengan konglomerasi properti Galliard Group. Pemerintah Inggris telah memberikan izin penggunaan bangunan selama 125 tahun kepada Galliard Group. 

CEO Galliard Group Stephen Conway mengatakan hotel tersebut nantinya akan menjadi salah satu hotel ikonik di London. "Visi kami adalah melestarikan bangunan bersejarah ini dan membuat orang-orang bisa menikmati kisahnya yang berusia ratusan tahun," kata Conway.

Selain itu, dia juga mengungkapkan, dengan menjadikan Great Scotland Yard sebagai hotel, masyarakat dunia bisa ikut menikmati sejarah Inggris. "Kami berharap Great Scotland Yard bisa menjadi salah satu landmark Inggris seperti halnya Trafalgar Square, 10 Downing Street juga Istana Buckingham," ujarnya Conway.  

Pada tahun 1829, Menteri Dalam Negeri Inggris Sir Robert Peel menunjuk Great Scotland Yard sebagai markas besar kepolisian yang baru saja terbentuk. Gedung bersejarah itu bahkan menjadi bagian dari kisah-kisah detektif kenamaan seperti Sherlock Holmes karangan Sir Arthur Conan Doyle dan juga Charles Dickens. 

Kepolisian Inggris hanya menggunakan Great Scotland Yard hingga 1890. Bangunan masif tersebut direnovasi bergaya Edwardian pada 1910 dan kemudian menjadi markas bagi tentara kerajaan Inggris. Pada tahun 1973, bangunan tersebut pernah menjadi target bom teroris. Tahun 1982, bangunan bata merah itu menjadi gudang bagi Kementrian Pertahanan Inggris hingga 2004. Selain itu, Great Scotland Yard juga pernah menjadi lokasi syuting film Atonement yang dibintangi Keira Knightley.  (umi)

 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya