Studi: Rakyat Indonesia Paling Jarang Olahraga

Pusat Kebugaran
Sumber :

VIVAlife - Saat ini, hidup sehat telah menjadi hal yang cukup disadari masyarakat di Indonesia. Hal tersebut kemudian memunculkan beberapa gaya hidup sehat yang menjadi tren seperti diet raw food yang merupakan pola diet yang hanya mengkonsumsi makanan seperti sayur, buah dan kacang-kacangan mentah atau yang belum diproses.

Ternyata Ada 3 Tentara Wanita Malaysia yang Tewas dalam Kecelakaan Helikopter

Tak hanya itu, berolahraga pun menjadi tren tersendiri yang berkembang di masyarakat indonesia saat ini. Jenis olahraga yang dilakukan beragam mulai dari fitnes, bersepeda, lari, yoga, pilates dan masih banyak lagi.

Namun, ternyata jika dibandingkan negara-negara lain, tingkat rutinitas olahraga masyarakat Indonesia masih sangat rendah menurut sebuah studi yang belum lama ini dilakukan. Dinamakan AIA Healthy Living, survei ini dilakukan oleh sebuah perusahaan asuransi kesehatan, AIA di 15 negara di wilayah Asia-Pasifik melibatkan lebih dari 10.000 masyarakat dewasa.

Hasilnya, Indonesia mendapat skor 55 dari 100. Menempatkan Indonesia di peringkat terendah di antara 15 negara yang disurvei.

Hal tersebut cukup mengejutkan, karena dari survei dan wawancara terhadap orang dewasa di Jakarta, Surabaya dan Medan, diketahui bahwa jumlah orang dewasa yang berolahraga secara rutin meningkat yakni dari 57 persen di tahun 2011 menjadi 65 persen di tahun 2013.

"Hasil ini membuktikan bahwa masih banyak orang dewasa di Indonesia yang belum menyadari pentingnya berolahraga untuk menjaga kesehatan tubuh padahal sebanyak 71 persen dari mereka menyadari bahwa kesehatan mereka tidak sebaik lima tahun yang lalu," ucap Head of Marketing AIA, Kathryn Monika Parapak, saat ditemui di Plaza Indonesia, Rabu, 18 Desember 2013.

Survei juga menunjukkan bahwa masyarakat Indonesia ternyata lebih suka mengisi waktu luangnya dengan kegiatan pasif untuk melepas stres, seperti menonton televisi atau film (57 persen), berkumpul dengan teman (49 persen) dan menghabiskan waktu bersama keluarga atau anak (45 persen). Sedangkan mereka yang berolahraga di waktu luang hanya sebesar 26 persen.

Pentingnya Kesehatan di Masa Golden Age Anak, Bakal Tentukan Kondisi Masa Depan
Prabowo-Gibran di Penetapan Presiden-Wapres Terpilih di KPU

Mulai Hari Ini, Prabowo Subianto Bakal Dikawal Paspampres

Komisi Pemilihan Umum (KPU) resmi menetapkan pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka sebagai Presiden dan Wakil Presiden RI periode 2024-2029.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024