Rupiah Melemah, Pendapatan Citilink Turun Hingga 30 Persen

Bandara Halim Akan Dibuka Untuk Umum
Sumber :
  • ANTARAFOTO/Agung Rajasa
VIVAnews
BI Catat Uang Beredar Maret 2024 Rp 8.888 Triliun, Naik 7,2 Persen
-
Chief Executive Officer
Pj Gubernur Sumsel Agus Fatoni Ungkap 2 Hal yang Dilakukan Guna Mencegah Korupsi
(CEO) PT Citilink Indonesia, M Arif Wibowo, Rabu 18 Desember 2013, menyatakan pelemahan rupiah telah membuat pendapatan perusahaan turun 20 persen hingga 30 persen. Pasalnya, pembiayaan perusahaan maskapai penerbangan ini dalam bentuk dolar sedangkan pendapatannya dalam bentuk rupiah.
Ketua DPRD Minta Pemprov DKI Perbaiki Kualitas APBD, Singgung Permukiman Kumuh

"Sesuai dengan depresiasi rupiah. Rupiahkan depresiasinya antara 20 sampai 30 persen. Pendapatannya rupiah, pengeluarannya kan dolar," ujar Arif di Jakarta.


Karena itu, Arif meminta pemerintah segera membuka batas atas kenaikan tiket pesawat. Jika pemerintah membuka batas atas itu sebelum libur Natal dan Tahun Baru 2014, perusahaan bisa mengatasi tambahan biaya-biaya.


"Kami sebenarnya bisa naikkan lagi. Tapi karena ada batas atas oleh pemerintah, ini menyulitkan penerbangan. Jadi kami sangat berharap pemerintah membuka batas atas," kata Arif.


Arif yang juga merupakan Ketua Asosiasi Penerbangan Sipil Nasional Indonesia (Inaca) ini mengaku sudah membahas kenaikan harga tiket dengan Kementerian Perhubungan. Namun pemerintah tak kunjung memutuskannya.


"Kemenhub sudah bersama-sama Inaca merumuskan kenaikannya. Sudah sepakat. Cuma penerapannya masih belum ditetapkan oleh kementerian perhubungan. Makanya saya sangat berharap ini di 2013 akhir ini dinaikkan supaya bisa membantu kelangsungan hidup airline," kata Arif.


Selain itu, Citilink menambah sekitar 32.000 ribu kursi untuk antisipasi lonjakan penumpang saat liburan akhir tahun ini.


Sampai hari ini, nilai tukar rupiah masih tertekan. Di pasar spot, berdasarkan Kurs Referensi yang ditetapkan Bank Indonesia dalam Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (JISDOR), Rabu, 18 Desember 2013, menyebutkan rupiah berada di level 12.151 per dolar AS.

 

Sedangkan berdasarkan data Reuters, rupiah berada pada level 12.165 per dolar AS. Rupiah diperdagangkan pada level tertinggi 12.175 dan terendah 12.110 per dolar AS. (ren)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya