Dilahirkan Spesies Baru di Kebun Binatang: Liliger

Liliger, spesies baru campuran singa dan liger
Sumber :
  • GW Interactive Zoo
VIVAlife –
Sejarah Tercipta Thomas Cup dan Uber Cup, Sempat Tertunda Gegara Perang Dunia II
Kehadiran spesies baru selalu menjadi berita menarik. Demikian juga seperti yang terjadi di kebun binatang GW Interactive di Oklahoma, Amerika Serikat. Kebun binatang tersebut mendapat kejutan berupa kelahiran liliger kembar tiga.

Kasus Uang Tutup Mulut Donald Trump Seret Nama Karen McDougal, Siapa Dia?

Liliger adalah binatang campuran singa jantan dan liger betina sehingga anaknya disebut sebagai lion-liger atau liliger. Liger sendiri merupakan hewan campuran singa (
Kemungkinan yang Bakal Terjadi Kalau Indonesia tak Dijajah
lion ) dan harimau (
tiger
). Dilansir dari
Daily Mail,
liliger kembar tiga yang lahir di kebun binatang GW Interactive itu adalah hasil perkawinan Simba, seekor singa jantan berusia empat tahun dan Akara, seekor liger betina.


Liger, campuran singa dan harimau

Akara, ibu liliger kembar tiga. Akara adalah seekor liger, campuran singa dan harimau. FOTO: GW Interactive Zoo.

GW Interactive mengklaim spesies baru tersebut merupakan liliger pertama yang lahir secara alami di Amerika Serikat. Sebelumnya, liliger pertama dilahirkan di Rusia tahun lalu.


“Dengan bahagia kami mengumumkan kelahiran tiga ekor liliger pertama di Amerika Serikat,” ujar Presiden Kebun Binatang GW Interactive Joe Schreibvogel. “Liliger unik karena orangtuanya berasal dari spesies berbeda, singa dan liger. Kami yakin liliger akan punya sifat yang berbeda dengan harimau, singa atau bahkan liger. Kami tidak sabar melihat mereka berkembang untuk melihat keunikan yang mereka miliki,” paparnya.


Lebih lanjut Schreibvogel menjelaskan Simba dan Akara memang dibesarkan bersama di GW Interactive. Itulah alasan yang mendasari perkawinan dua spesies berbeda tersebut. Menurut kedua spesies tersebut akan saling menghindari di alam liar, apalagi liger termasuk jenis baru yang belum bisa bertahan sendiri. “Jika mereka tidak dibesarkan bersama sedari kecil, mereka berdua belum tentu kawin,” paparnya.


Simba, ayah spesies baru Liliger

Simba, ayah liliger kembar tiga. Simba dan Akara dibesarkan bersama sejak bayi yang memungkinkan terjadinya perkawinan. FOTO: GW Interactive Zoo.


Dalam kasus Simba dan Akara, keduanya dibesarkan bersama sejak bayi dan kawin di saat keduanya mencapai usia 4 tahun.


Liliger bukanlah hewan hybrid pertama yang lahir di Kebun Binatang GW Interactive. Sebelumnya, ada tiliger, hasil perkawinan antara harimau jantan dan liger betina. Bayi-bayi liliger tersebut punya rambut keemasan seperti singa, namun berhias bercak-bercak hitam layaknya macan tutul. Berbeda dengan harimau yang bermotif belang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya