Sambut Natal & Tahun Baru, Dua Operator Tingkatkan Kualitas

Perayaan Tahun Baru 2013 di London
Sumber :
  • REUTERS/ Stefan Wermuth
VIVAnews -
Ibunda Salshabilla Adriani Bantah Soal Rumor Perselingkuhan Anaknya dengan Rizky Nazar
Lonjakan trafik telekomunikasi dan data menjelang libur Natal dan Tahun Baru adalah hal yang lumrah. Untuk mengantisipasinya, Telkomsel dan Indosat telah meningkatkan kapasitas dan kualitas jaringannya.

Bukan Jakarta, Ini Kota Pertama yang Mulai Jadikan Suzuki Carry Sebagai Mobil Angkot

Tahun ini, diperkirakan akan terjadi lonjakan trafik data pada malam tahun baru sebesar 16 persen, layanan suara sebanyak sembilan persen, dan SMS sejumlah tujuh persen, dibandingkan trafik hari biasa.
Media Asing yang Semula Remehkan Timnas Indonesia Kini Memuji: Kemenangan Paling Dramatis


"Di momen Lebaran, Natal, dan Tahun Baru biasanya terjadi lonjakan trafik. Telkomsel telah menyiapkan tambahan jaringan untuk tetap memberikan kualitas layanan terbaik pada pelanggan," kata Alex J Sinaga, Direktur Utama Telkomsel, dalam keterangannya, 22 Desember 2013.


Telkomsel mengidentifikasi sekitar 500 titik keramaian utama di masa libur Natal dan Tahun Baru. Titik keramaian itu terdiri dari
public service, religius events, entertainment events, uniqueness,
dan
massive crowd
, atau disingkat Premium.


"Selain mengandalkan 67.000 BTS di seluruh pelosok Indonesia, Telkomsel juga meluncurkan 400 Compact Mobile BTS (COMBAT) dan Tim Satgas Naru (Natal dan Tahun Baru) untuk memonitor kualitas layanan," ujar Alex.


Tambah Kapasitas


Setali tiga uang dengan Telkomsel, Indosat pun menambah kapasitas jaringannya. Untuk kapasitas trafik suara ditingkatkan menjadi 1.080 juta menit/hari, SMS ditingkatkan menjadi 1,45 miliar SMS/hari, dan untuk data kapasitas ditambah menjadi 150 Terabyte/hari.


"Berdasarkan pengalaman peningkatan trafik telekomunikasi di masa-masa libur Natal dan Tahun Baru, momen itu biasanya akan terjadi kenaikan trafik," kata Adrian Prasanto, Division Head Public Relations Indosat.


Dia menambahkan, kesiapan jaringan Indosat di masa Natal dan Tahun Baru telah didukung dengan program modernisasi jaringan Indosat yang sudah berlangsung. Yaitu, untuk memberikan kekuatan sinyal, jangkauan yang lebih luas, dan layanan data yang lebih baik.


"Indosat juga akan melakukan monitor performansi jaringan selama masa-masa kenaikan trafik dengan mengoperasikan Command Center," kata Adrian.


"Fungsinya untuk mendeteksi dan menangani gangguan jaringan dengan cepat dan terintegrasi secara nasional dengan pusat kendali di Jakarta," jelasnya. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya