"Istana" China Kuno Terapung di Pelabuhan Hong Kong

Jumbo Kingdom
Sumber :
  • Atlas Obscura

VIVAlife - Sebuah "istana" Kekaisaran China kuno ditemukan terapung di pelabuhan Aberdeen, Hong Kong. Arsitekturnya sangat tradisional, dengan ornamen dan ukiran-ukiran khas kerajaan China. Lampu-lampu berpendaran saat malam, membuat ornamen itu makin bercahaya.

Polisi Tetapkan TikToker Galih Loss Jadi Tersangka Kasus Dugaan Penodaan Agama

Namun, bangunan itu bukan istana China kuno yang sebenarnya. Namanya Jumbo Kingdom, restoran terapung yang gaya arsitekturalnya sengaja dibuat menyerupai istana China di masa lampau.

Tren restoran terapung memang bukan hal baru lagi di pelabuhan Aberdeen. Selama bertahun-tahun, restoran terapung menjamur dan menjadi ikon wilayah itu. Namun, tidak ada yang lebih spektakuler dibanding Jumbo Kingdom.

Presiden PKS: Kami Belum Dapat Pasangan Ajukan Hak Angket

Dilansir Atlas Obscura, restoran terapung itu telah berdiri sejak tahun 1976. Perencanaannya memakan waktu bertahun-tahun. Pembangunannya menghabiskan berjuta-juta dolar. Jumbo Kingdom pun menjadi salah satu restoran terapung terbesar di dunia.

Tongkang empat lantai itu mampu menampung lebih dari 2.300 pengunjung. Di dalamnya ada daya tarik luar biasa, salah satunya kebun anggur. Jumbo Kingdom lebih seperti kota kecil di tengah pelabuhan, dengan tangga besar dan trotoar saling bersimpangan.

Apindo Sebut Keputusan MK Beri Kepastian Investasi dan Ekonomi

Eksterior perahu raksasa yang memadukan ikonografi China dan aksen modern turut memberikan kesan tersendiri bagi pengunjung. Untuk menambah semarak nuansa China klasik, berbagai tulisan kaligrafi China, hiasan dinding, dan lampion warna-warni menghiasi sudut-sudut kapal.

Selain itu, berbagai menu santapan yang ditawarkan juga cukup menarik. Jumbo Kingdom sendiri dirancang Dr Stanley Ho. Selama ini, kapal besar itu tertambat di pelabuhan. Namun, ia bisa mengapung di mana saja. Seluruh perairan Hong Kong bisa dijelajahi oleh "istana" itu. (umi)

Waketum Nasdem, Ahmad Ali di kediaman Prabowo di Jalan Kertanegara IV, Jakarta Selatan, Selasa, 23 April 2024

Waketum Nasdem Temui Prabowo Subianto, Sinyal Gabung Koalisi Prabowo-Gibran Menguat?

Wakil Ketua Umum Partai Nasdem, Ahmad Ali menyambangi Presiden terpilih hasil Pilpres 2024 Prabowo Subianto di kediamannya di Jalan Kertanegara IV Jakarta Selatan, Selasa

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024