Bukan Hanya Wajah, Kulit Tangan juga Butuh Perawatan

Tangan indah
Sumber :
VIVAlife-
Top News: AHY Wanti-wanti Prabowo, Heboh Wali Nagari di Sumbar Digerebek Warga Mesum
Merawat kulit bagian wajah seringkali rutin dilakukan. Bahkan dengan berbagai produk kecantikan. Namun, sebagian besar wanita sering lupa, bahwa tangan juga butuh perawatan ekstra agar terlihat mulus dan cantik.

Fenomenal, Timnas Indonesia U-23 Lolos Semifinal Piala Asia U-23 Usai Kalahkan Korsel

Kulit tangan yang kasar, seringkali membuat wanita merasa tak percaya diri. Bahkan juga, bisa merusak penampilan di depan pasangan.
Gong Yoo dan Song Hye Kyo Bakal Main Drama Sejarah Bareng


Proses penuaan pada kulit memang tak bisa dihindari. Sehingga, bukan wajah saja yang rentan akan bintik-bintik cokelat dan keriput. Tangan pun, bisa mengalaminya. Untuk mengatasinya, cobalah trik di bawah ini seperti dikutip laman
refinery29
. Dijamin, dapat meminimalisasi penuaan kulit.


Agar warna kulit merata


Ketika proses penuaan terjadi,  tingkat pergantian sel kulit akan melambat sehingga warna kulit jadi tak merata. Dokter kulit menyarankan untuk mengkonsumsi produk yang kaya vitamin  c, asam alpha-hydroxy (AHA) dan retinoid. Kandungan tersebut dapat mencerahkan kulit dan mengangkat sel kulit mati.


Usir keriput


Konsumsi vitamin C dan retinoid dapat membangun kolagen, mengurangi garis-garis halus dan memperbaiki tekstur kulit keseluruhan. Alternatif lain, ada metode laser yang dapat merangsang produksi kolagen dan memperbaiki tekstur kulit. Pelembab juga dibutuhkan karena kulit yang kering bisa membuat tangan nampak keriput.


Mengurangi bintik cokelat


Ini adalah bentuk hiperpigmentasi yang bisa diatasi oleh topical retinoid, hydroquinone dan produk botanical. Tapi sayangnya, produk tersebut tak menghilangkan bintik cokelat secara signifikan. Perawatan yang paling efektif untuk masalah ini adalah dengan laser pigmen.


Perawatan sehari-hari


Perawatan secara berkala tidak akan mengurangi penuaan pada kulit tangan. Kegiatan mencuci piring atau pakaian dengan sabun dan deterjen, bisa merusak kulit.


Untuk itu, agar kulit tangan tetap mulus bebas keriput, perawatan ekstra perlu dilakukan. Salah satu caranya dengan menggunakan sabun cuci bebas pewangi serta pembersih yang mengandung pelembab ceramide atau gliserin.  Bila perlu, kenakan sarung tangan saat mencuci piring, dan biasakan mengoleskan pelembab setelah mencuci tangan. (eh)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya