Manfaat Konsumsi Kacang Saat Hamil

Ilustrasi Ibu Hamil
Sumber :
  • iStock

VIVAlife - Hamil menjadi momen berharga bagi setiap wanita. Dalam kondisi tersebut, wanita biasanya lebih selektif dalam mengonsumsi makanan. Salah satu makanan yang biasa dihindari adalah kacang.

Fairuz A Rafiq Beberkan Kondisi Terkini Usai Dilarikan ke RS Bersama Buah Hati

Mengacu pada pendapat terdahulu, seorang ibu hamil harus menghindari kacang-kacangan jika terdapat sejarah alergi dalam keluarga, seperti asma. Namun, penelitian terbaru justru membuktikan bahwa kacang baik bagi ibu hamil. Bahkan bisa menurunkan risiko anak terkena alergi kacang.

Seperti dilansir laman Daily Mail, kini dokter melihat bahwa kacang-kacangan tidak berbahaya kecuali jika memang sang ibu memiliki alergi tersebut. Dalam studi ini, peneliti melihat data dari 8.205 anak, di mana terdapat 308 anak memiliki alergi makanan dan 140 di antaranya alergi pada kacang.

Hasilnya, anak dari ibu yang mengonsumsi kacang-kacangan dengan intensitas 5 kali dalam sepekan memiliki risiko lebih rendah terkena alergi. Hal ini diyakini para dokter terjadi karena ibu yang mengonsumsi kacang semasa hamil menyebabkan anak terkena zat alergen sehingga mampu membangun sistem imun yang mentoleransi alergen tersebut.

Indonesia Bakal Jadi Basis Produksi Mobil Listrik Canggih

Pimpinan studi, Dr Lindsay Frazier dari Dana-Farber Children's Cancer Center di Boston menyatakan, "Studi ini mendukung hipotesis di mana anak yang terkena alergen saat dalam kandungan mampu meningkatkan kemampuan toleransi terhadap alergen dan menurunkan risiko anak terkena alergi makanan."

Sayangnya studi yang dipublikasikan dalam jurnal medis JAMA Pediatrics menyatakan bahwa keuntungan ini tidaklah ditemukan pada anak yang memang memiliki alergi kacang. (umi)

Rekam Jejak Luar Biasa Raja Aibon Kogila 821 Hari Jadi Komandan Pasukan Tengkorak Kostrad TNI
Presiden Joko Widodo dan Yanda Zaihifni Ishak jadi saksi pernikahan

Momen Presiden Joko Widodo jadi Saksi Nikah Anak Wamenaker Afriansyah Noor

Presiden Joko Widodo bersama Yanda Zaihifni Ishak menghadiri acara pernikahan putri dari Wakil Menteri Ketenagakerjaan (Wamenaker) Afriansyah Noor.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024